Kemenag Kota Semarang Gelar Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Kankemenag Kota Semarang menggelar Upacara Bendera di halaman kantor, Kamis (17/8/2023).

Sesuai dengan SE Sekjen Kemenag RI Nomor 18/2023 tentang Pedoman Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI pada Kementerian Agama, hari itu ASN Kankemenag Kota Semarang mengikutinya dengan mengenakan pakaian nasional atau adat. Ada yang mengenakan baju bodo Sulawesi Selatan, warok Ponorogo, Dayak, kebaya dan beskap Jawa Tengah, surjan polos Jogja, surjan kembang Solo, Padang, Betawi, Sumatera Selatan, dan baju khas daerah lainnya.

Dalam kesempatan itu, Rachmad Pamudji, Kasubbag Tata Usaha bertindak selaku Pembina Upacara. Dengan mengenakan baju adat Semarangan bernuansa merah, ia membacakan amanat Menteri Agama.

Pada kegiatan upacara tersebut, ia juga menyerahkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada 47 ASN di lingkungan Kankemenag Kota Semarang, dengan masa pengabdian 30 tahun, 20 tahun, dan 10 tahun.

Di akhir acara, dibawah panduan tim paduan suara, seluruh peserta upacara dengan serempak menyanyikan tiga lagu kebangsaan yaitu, Berkibarlah Benderaku, Maju Tak Gentar, dan Hari Merdeka.

Sebelum kembali ke rumah masing-masing, para peserta upacara pun berfoto bersama dan mengucapkan selamat HUT ke-78 Kemerdekaan, yang diabadikan dalam sebuah video.

Pamudji berucap syukur, kegiatan berjalan dengan sukses. “Alhamdulillah seluruh rangkaian acara Upacara Memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI Tingkat Kemenag Kota Semarang berjalan dengan lancar dan sukses,” tuturnya.

Ia pun menyampaikan apresiasi kepada seluruh petugas yang telah melaksanakan tugas dengan baik, dan peserta upacara yang mengikutinya dengan khitmad.(Dintha/NBA/bd)