Kepuasan dan Kenyamanan Jemaah Haji adalah Nomor Satu

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Bandung (Humas) – Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Musta’in Ahmad menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji 1444 H/2023 M di Bandung, Rabu (6/9). Rakernas diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU).

Kakanwil Musta’in Ahmad yang juga bertindak sebagai Ketua PPIH Embarkasi Solo, tahun ini melayani sejumlah 35.327 jemaah haji yang berasal dari Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Jogjakarta terbagi menjadi 99 kelompok terbang (Kloter). Seluruhnya diberangkatkan dari Bandar Udara Adi Soemarmo Boyolali yang sebelumnya dilepas dari Asrama Haji Donohudan.

“Alhamdulilah seluruh rangkaian Haji 2023, khususnya Jemaah Jawa Tengah dapat berjalan dengan baik. Saya menyaksikan peran nyata Satgas PPIH dalam membantu jemaah khususnya jemaah lansia, didampingi, dikawal, dituntun, dibopong, digendong dan lain sebagainya. Pemandangan dari sebuah rasa kepedulian dan ketulusan hati ini begitu indah, bangga dan mengharukan,” tutur Musta’in.

Kakanwil menyatakan setuju dengan evaluasi yang diberikan oleh Gus Men, panggilan akrab Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Gus Men meminta agar istithaah kesehatan dan masa tinggal Jemaah dapat dikaji ulang.

“Hal serupa perlu dikaji ulang sebagai terobosan pelaksanaan haji bagi masa mendatang. Kepuasan dan kenyamanan Jemaah adalah nomor satu, pelayanan petugas harus terus meningkat dari tahun ke tahun,” imbuhnya.

Hadir dalam kesempatan itu Wakil Ketua Komisi VIII DPR Tb Ace Hasan Syadzily, Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, para pejabat Eselon I Kemenag, staf ahli dan staf khusus Menteri Agama, anggota Badan Pengelola Keuangan Haji Acep Riana Jayaprawira, serta anggota Amirul Haji 1444 H/2023 M.

“Terimakasih kami sampaikan kepada Gusmen dan para pimpinan di Kemenag Pusat, juga kepada seluruh petugas haji Indonesia dan khususnya kepada PPIH beserta Satgas PPIH Embarkasi Solo yang telah berdedikasi tinggi secara penuh melayani jemaah haji tahun ini dalam mengawal capaian haji mabrur. Salam hormat untuk semua, Semoga lelah kita menjadi berkah,” pungkas Kakanwil, seraya berharap penyelenggaraan Haji di tahun mendatang terus meningkat dan lebih baik lagi. (ps/rk)