Menag Yaqut Instruksikan Baznas Harus Jaga dan Perkuat Kepercayaan Masyarakat Melalui Beragam Inovasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Jakarta (Humas) – Hadir dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) 2023, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas sampaikan bahwasanya yang paling penting dari semua proses pengumpulan zakat yakni Baznas harus dapat menjaga dan mempertahankan kepercayaan umat muslim yang telah dibangun melalui beragam inovasi pengumpulan dan pendistribusian zakat.

“Kami sudah tekankan ke Baznas ketika ada satu kesempatan, yaitu membangun trust kepercayaan masyarakat muslim kepada Baznas,” tutur Gusmen, panggilan akrab Menag Yaqut, saat membuka Rakornas Baznas 2023 di The Sultan Hotel & Residence, Jakarta, Rabu (20/09/2023).

“Terkait inovasi-inovasi yang harus dibuat Baznas. Jangan hanya mengumpulkan zakat dengan cara-cara yang konvensional saja tetapi harus ada lompatan-lompatan,” imbuhnya.

Dihadapan seluruh hadirin yang hadir, Menag menyatakan dibawah kepemimpinan Noor Achmad selaku Ketua Baznas, telah mampu merubah wajah Baznas. Dirinya juga menyatakan bahwa Rakornas tahun ini menjadi momentum yang sangat tepat untuk merumuskan tata kelola zakat yang lebih transparan dan akuntabel.

Gusmen juga menyinggung mengenai permasalahan hukum yang saat ini sedang dialami perwakilan Baznas di daerah. Dirinya menyatakan adanya satu masalah hukum dapat dengan seketika meruntuhkan trust atau kepercayaan yang telah dibangun.

“Hari ini ada saudara kita yang bermasalah dengan hukum. Saya kira ini menjadi catatan penting selain tentu kita ikut mendoakan, catatannya bahwa membangun trust itu tidak mudah,” katanya.

“Jadi mudah-mudahan apa yang dialami oleh saudara kita ini tidak terbukti secara hukum. Jadi doa kita begitu mudah-mudahan trust yang terbangun oleh Baznas itu benar-benar bisa berjalan dengan baik,” katanya. (ps/rk)