Siswa MI Nurul Islam Raih Kejuaraan Catur Tingkat Nasional

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Semarang (Humas) – Abimayu Setyawan, siswa MI Nurul Islam berhasil meraih Juara 2 dalam Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023 yang diselenggarakan oleh BPK Penabur Kelapa Gading, Jakarta, pada 16 September 2023.

Prestasi tersebut dilaporkan Jumaidi selaku Kepala MI Nurul Islam kepada Pengawas Madrasah Kankemenag Kota Semarang melalui pesan whatsapp, Senin (25/09/2023).

Jumaidi berujar, prestasi ini merupakan suatu kebanggaan bagi madrasah yang dipimpinnya. “Sudah mulai jarang, anak-anak sesuasi MI/SD menggemari olahraga catur. Biasanya anak-anak seusia itu lebih memilih olahraga basket, badminton, sepak bola, futsal, atau olahraga lainnya yang dianggap lebih menarik, bahkan malah lebih tertarik bermain game online atau gadget ketimbang berolahraga,” tuturnya.

“Sehingga, dengan berhasilnya ananda Abimanyu meraih Juara 2 dalam Lomba Catur Tingkat Nasional, tentu suatu kebanggaan tersendiri bagi MI Nurul Islam,” ungkapnya.

Jumaidi mengatakan, pernah pula bertanya kepada yang bersangkutan, mengapa tertarik dengan olahraga yang identik dengan olahraga bagi orang tua. “Sempat pula kami bertanya kepada ananda, mengapa kok memiliki kegemaran yang berbeda dengan anak-anak lainnya. Tenyata lingkunganlah yang mendukungnya untuk menekuni olahraga catur. Dia mengatakan senang dan merasa tertantang menggeluti olahraga tersebut,” ujarnya.

Jumaidi menyimpulkan, setiap anak memiliki bakat yang akan bisa berkembang dan menghasilkan prestasi apabila didukung dan diberikan kesempatan oleh lingkungan sekitar seperti, orang tua, guru, dan sekolah/madrasah. “Manakala bakat tersebut diasah dengan baik, diarahkan dalam wadah yang benar, dibimbing dan selalu didukung baik material maupun non material, maka akan membuahkan prestasi sebagaiamana yang berhasil diraih oleh ananda Abimanyu. Tidak ada yang tidak mungkin, jika kita terus berusaha dan berlatih,” pungkasnya.(Atun/Nba/bd)