Kembangkan Karakter Siswa Moderat, Kakanwil Raih Gelar Doktor Magna Cumlaude

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta (Humas) – Pertahankan Disertasi tentang Manajemen Karakter Moderat, Musta’in raih Gelar Doktor Cumlaude di UIN Raden Mas Said Surakarta pada Senin, (11/9).

Berlangsung secara khidmat, Promovendus Musta’in Ahmad mempresentasikan Disertasi berjudul “Pengembangan Karakter Muslim Moderat pada Siswa Madrasah Aliyah di Surakarta” di hadapan Dewan Penguji.

Duduk sebagai Ketua Sidang Prof. Dr. H. Mudofir, S.Ag., M.Pd. (Rektor UIN Raden Mas Said) serta para penguji: Prof. Dr. Drs. H. Giyoto, M.Hum (Sekretaris Sidang), Prof. Dr. Hesti Sadtyadi, S.E., M.Si (Penguji I), Prof. Dr. H. Purwanto, M.Pd (Penguji II), Dr. Zainul Abas, S.Ag., M.Ag (Penguji III), Dr. H. Rochmat Budi Santoso, S.Pd., M.Pd (Penguji IV), Dr. H. Abdul Matin Bin Salman, Lc., M.Ag (Penguji V).
Musta’in secara gamblang menjelaskan tentang manajemen pendidikan pada Madrasah Aliyah di Surakarta dalam pengembangan karakter muslim moderat siswa Madrasah Aliyah.

Dalam paparannya, Musta’in menyatakan bahwa sikap moderat adalah tidak berlebihan dalam perilaku beragama dengan cara mengambil jalan tengah dari kecenderungan ekstrimisme kanan maupun ekstrimisme kiri, melalui implementasi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan).

Dari penelitian ini diketahui bahwa nilai nilai karakter muslim moderat sudah dikembangkan pada semua Madrasah Aliyah yang ada di Surakarta, dalam penguatan jenis sikap yang berbeda namun semua bermuara kepada satu titik yaitu perilaku moderasi beragama.
Musta’in juga mengungkap kendala sekaligus solusi dalam implementasi manajerial di masing-masing madrasah, baik dari sisi anggaran, kurikulum, perbedaan madzhab sampai dengan kendala karena kondisi pandemi (setting waktu, saat penelitian ini dilakukan).

Sebagai Ketua Tim Penguji sekaligus Rektor Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Prof. Dr. H. Mudofir, S.Ag. M.Pd. menyatakan bahwa semua proses telah dijalani dengan baik oleh Musta’in Ahmad sehingga yang bersangkutan sangat layak dan berhak untuk memperoleh derajat gelar Doktor bidang Manajemen Pendidikan Islam ke-38 di UIN Raden Mas Said Surakarta dengan nilai IPK 3.95 dan predikat Magna Cumlaude.

Rektor berharap agar para mahasiswa yang saat ini sedang menempuh perkuliahan di UIN Raden Mas Said Surakarta bisa mencotoh kesuksesan Musta’in dalam studi maupun karir.

Ujian disertasi  dengan Promovendus seorang Kakanwil ini terasa bertambah istimewa bukan saja karena  dihadiri oleh segenap jajaran pejabat di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Jawa Tengah (termasuk beberapa Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota), juga hadir tokoh-tokoh Jawa Tengah antara lain Ketua Umum MUI, Ketua PWNU, Ketua PW Muhammadiyah, Ketua FKUB, Kaban Kesbangpol, Ka Dinas Sosial dan Ka. Dinas Pendidikan,  juga dihadiri tiga Rektor Perguruan Tinggi di Surakarta yakni; Rektor UNS, Rektor IIM dan Rektor UNIBA.

Sidang promosi  juga dihadiri para pejabat dari UIN Raden Mas Said Surakarta untuk mengikuti jalannya prosesi sidang ujian terbuka yang berlangsung selama hampir tiga jam ini. (D/RK)