Pengawas Evaluasi Hasil Ujian Praktik PAI di SD IT Mawaddah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Semarang (Humas) – Pengawas PAl Kemenag Kota Semarang, Faojin melaksanakan pendampingan perencanaan, pelaksanaan, dan analisis hasil ujian praktik PAl di SD IT Al Mawaddah, Kamis (18/04/2024).

Ujian praktik meliputi praktik sholat, membaca alquran, hafalan alquran, menulis alquran, wudhu, serta praktik adzan. Dalam kesempatan itu, Faojin menyampaikan evaluasi hasil ujian praktik PAI di sekolah tersebut.

“Alhamdulillah, melihat hasil ujian praktik wudhu anak-anak cukup memuaskan, mungkin bisa diingatkan, agar anak-anak lebih meningkatkan keseriusannya dalam berwudhu,” tuturnya.

Sedangkan terkait hasil ujian praktik adzan, Faojin mengimbau agar hafalah lafal adzan yang sudah baik, disempurnakan dengan lagu yang lebih variatif, sehingga tidak monoton. Ia menambahkan, untuk ujian praktik menulis alquran, Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) diharapkan bisa melakukan pendampingan lebih intensif, agar memberikan hasil yang lebih bak.

“Siswa-siswi bisa dilatih lagi agar keluar karakter dari tulisannya, jadi anak tidak hanya menyalin tulisan lalu ditulis kembali sama persis, namun anak bisa mengeluarkan karakternya dalam tulisan itu sendiri,” pesannya.

Hal serupa terkait dalam ujian hafalan alquran, diharapkan siswa bisa diberikan tambahan surah-surah pilihan lain seperti Yasin, Waqiah, dan beberapa surat lainnya, selain juz 30.


“Secara garis besar, hasil ujian praktik PAI di SD IT Al Mawaddah sudah baik, tetapi akan lebih baik lagi jika kemampuan siswa bisa dikembangkan lagi, sehingga potensi yang ada pada siswa bisa lebih meningkat,” pungkasnya.(Fa/Nba/bel)