081128099990

WA Layanan

081393986612

WA Pengaduan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Whistle Blower

Bincang Seru Kakanwil Kemenag Jateng dan Anggota OSIS di Emtessa Podcast

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Semarang Bella dan Hana, memberanikan diri meminta Kakanwil Kemenag Jateng Musta’in Ahmad untuk menjadi tamu istimewa di podcast milik madrasah setempat, pada Kamis (29/8/2024).

Ruang podcast yang diberi nama Emtessa Podcast ini dirancang sebagai media untuk memberikan informasi seputar kegiatan di madrasah, juga sebagai media pendukung improvisasi dan kreatifitas para siswa di MTsN 1 Kota Semarang.

Dalam obrolan yang serius tapi santai, Bella dan Hana sebagai host melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang cukup menggelitik bagi Kakanwil.

“Menurut Bapak, Bagaimana cara kami sebagai pelajar dalam mensikapi teknologi yang berkembang saat ini? Dan apakah di zaman Bapak sekolah, teknologi seperti gawai juga sudah ada?“ Tanya mereka berdua.

Menanggapi pertanyaan dari Bella dan Hana, Kakanwil tersenyum lebar sambil menjelaskan tentang generasi milenial yang kemudian beralih menjadi generasi Z (Gen Z). Gen Z ini merupakan generasi yang mudah beradaptasi dengan perkembangan zaman yang sangat pesat.

Salah satu perkembangan zaman yang sudah tidak bisa terlepas dari Gen Z saat ini adalah teknologi, yang kemudian memberikan dampak negatif atau positif. Dampak negatif yang dapat diakibatkan misalnya terjadi penyebaran berita hoax, banyaknya penipuan yang dilakukan via daring, dan lain-lainnya.

“Selain itu, teknologi membuat para Gen Z menjadi tidak memiliki waktu karena teknologi membuat mereka menjadi lalai terhadap waktu. Hal ini membuat para Gen Z menjadi kurang peduli terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya,“ terang Kakanwil.

“Segi positifnya, teknologi mempermudah aktivitas kita. Oleh karenanya kita harus dapat memanfaatkan teknologi dengan tepat dan bijak. Di dunia pendidikan saat inipun pembelajaran kreatif melalui Kurikulum Merdeka juga harus memanfaatkan teknologi. Sebagai contohnya pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan yang kita kenal AI atau Artificial Intelligence, “ jelas Kakanwil lebih lanjut.

Obrolan dilanjutkan membahas tentang moderasi beragama. Mendengar penjelasan Kakanwil, host Bella dan Hana merasa puas yang kemudian menutup obrolan di podcast dengan ajakan untuk menyimak dan mengikuti acara bincang-bincang di channel youtube MTs Negeri 1 Kota Semarang, Essemta Podcas.(RK)

Skip to content