Jalin Kerjasama dengan MGMP PAI SMA Kota Semarang selenggarakan Bimtek SIAGA dan EMIS bagi Guru PAI SMA Se-Kota Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Dalam rangka peningkatan mutu dan kulitas pelayanan data Guru dan Sekolah, KanKemenag Kota Semarang bekerjasama dengan MGMP PAI SMA Kota Semarang menyelenggarakan Bimtek SIAGA (Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama) dan EMIS (Education Management Information System) bagi Guru PAI SMA se- Kota Semarang yang dilaksanakan di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, Senin (22/3).

Didalam sambutan Ketua MGMP PAI SMA Yusuf Setiaji menyampaikan, “Bahwa acara bimtek ini diharapkan bisa memberikan manfaat untuk para Guru PAI yang hadir, dan dapat mencetak Tutor aplikasi SIAGA dan EMIS , dimana bisa mentransferkan ilmu yang didapat selama bimtek kepada para Guru PAI yang lainnya”. ucapnya

”Pandemi ini membuat tidak menyurutkan para Guru PAI dalam meningkatkan mutu dan kualitas dalam menyajikan pelayanan data, Kami mengucapkan terimakasih kepada peserta  Guru PAI dan para Narasumber yang sudah berkenan hadir.  Kegiatan ini diselenggarakan tetap menerapkan prokes 5 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas) dimana ruangan kami hanya bisa diperuntukkan untuk menampung  sekitar 50 orang saja”, ucap Kepala Sekolah SMA Islam Sultan Agung 1 Mubarakatun Darajati.

Ketua Pokjawas PAI KanKemenag Kota Semarang H. M. Faojin menyampaikan arahannya, “Bahwa data Emis dan Siaga harus selalu diupdate oleh para Guru PAI, karena Emis dan Siaga ini merupakan data yang tersinkronisasi dengan kegiatan PAI”.

Kemudian beliau juga memberikan informasi bahwa dimasa pandemi ini telah terjadi kemerosotan moral siswa, hal ini perlu disikapi oleh para Guru PAI untuk berkolaborasi membuat berbagai macam program yang bisa meningkatkan karakter siswa. Salah satu contohnya adalah Guru PAI perlu melaksanakan ujian teori dan ujian praktik dalam rangka membekali siswa di karier selanjutnya setelah mereka lulus dari SMA. Adapun  modul Ramadan MGMP PAI sangatlah penting bagi siswa didalam pembiasaan ibadah siswa selama bulan Ramada.

KASI PAIS H. Abdul Ghofur menyampaikan,” Bimtek ini terlaksana berkat adanya kolaborasi kerjasama antara KanKemenag Kota Semarang dengan MGMP PAI SMA Kota Semarang serta berbagai pihak pendukungnya, khususnya pihak sekolah yang telah menyediakan tempat sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik”.

Secara nomenklatur Seksi PAIS berubah menjadi Seksi PAI, meskipun begitu substansinya sama saja, yaitu bertugas untuk memberikan bimbingan, arahan, kontrol, layanan, terkait dengan PAI di Kota Semarang dari mulai jenjang TK sampai SMK”, jelas H. Abdul Ghofur.

Beliau menuturkan,”Mengapa GPAI perlu memiliki akun Siaga dan Emis ? Hal ini adalah untuk verifikasi dan validasi data GPAI di seluruh Indonesia. Tujuannya adalah untuk program PPG, Tunjangan Profesi Guru, dan PPKB”.

Acara dilanjutkan dengan program inti yaitu bimbingan teknis akun Siaga dan Emis oleh Muh. Habibil Huda selaku admin PAI KanKemenag Kota Semarang. Bimtek dimulai dengan memberikan arahan tentang Siaga Pendis terlebih dahulu, Habibil Huda membedah komponen akun Siaga satu persatu, mulai dari item portofolio yang terdiri dari: personal, status pegawai, pendidikan, keluarga, riwayat pelatihan, dan prestasi. Setelah semua peserta dipastikan sukses mengisi item portofolio, bimtek  dilanjutkan dengan mengisi jadwal dan tugas, yang terdiri dari: sekolah induk, sekolah non induk, dan jadwal dan tugas. Bimbingan akun Siaga ini memakan waktu cukup lama, hingga waktu ashar tiba, bimtek akun Siaga belum selesai.

Bimtek dilanjutkan dengan bimbingan akun Emis. Sama seperti bimbingan akun Siaga pada bimbingan akun Emis, Habibil Huda juga membedah satu persatu komponen yang ada, sampai semua peserta bisa mengupdate akun Emisnya. H. Sadi selaku pengawas PAI KanKemang Kota Semarang tingkat SMA selalu setia menemani para peserta bimtek dari awal sampai selesai untuk menandatangani berkas yang telah berhasil di update. (Faojin/HumasDM/bd)