Abdul Djamil : Peningkatan Fasilitas dan Pelayanan, Semuanya untuk Jemaah Haji

Boyolali – Sesuai dengan jadwal kedatangan siang ini Jumat (14/10) jemaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 71 dari Kabupaten Demak dan Kabupaten Kendal mendarat di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Boyolali, setelah menempuh perjalanan selama 12 jam sejak Kamis (13/10) pukul 17:55 WAS. Kloter 71 pada saat berangkat berjumlah 360, namun pada saat kepulangan berjumlah 358, ini dikarenakan 2 jemaah sudah tanazul (pulang lebih cepat) dengan mengikuti kloter 67.

Kedatangan jemaah haji kloter 71 menjadi istimewa pasalnya langsung disambut oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Republik Indonesia Abdul Djamil, yang pada saat bersamaan melakukan kunjungan kerja dan pemantauan secara langsung proses pemulangan di Debarkasi Solo.

Di depan para jemaah haji serta dihadiri Wakil Bupati Demak Joko Sutanto, Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo Noor Badi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak Thobiq dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal Muh. Saidun, Dirjen PHU mengucapkan selamat datang kembali ke Tanah Air serta mendoakan seluruhnya menjadi haji dan hajjah yang mabrur.

Sugeng rawuh bapak/ibu jemaah haji saking Kabupaten Demak lan Kendal, sehat sedoyo njih? alhamdulillah wiwit budal ngantos kondur sedoyo pinaringan sehat lan lancar saking Allah, mugi-mugi bapak/ibu sedoyo dados haji lan hajjah mabrur,” sapa Abdul Djamil mengawali sambutannya dan disambut hangat oleh seluruh jemaah kloter 71 di Aula Gedung Muzdalifah, Jumat (14/10).

Beliau bersyukur secara keseluruhan operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun 1437H / 2016M berjalan dengan baik dan lancar, sejak keberangkatan hingga pemulangan seluruh proses dapat yang dilalui berjalan dengan baik. Mulai dari penurunan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH), peningkatan fasilitas dan layanan-layanan bagi jemaah haji masiv dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama.

“Pemerintah sudah melakukan penurunan BPIH pada tahun 2016 ini, fasilitas kepada jemaah ditingkatkan mulai dari konsumsi, akomodasi pemondokan, sarana transportasi serta layanan-layanan seperti bimbingan ibadah, pelayanan kesehatan, perlindungan dan jaminan keamanan semuanya ditingkatkan, ini semua dalam rangka memberikan pelayanan yang maksimal kepada jemaah haji Indonesia,” lanjutnya.

Proses seremonial penyambutan serta penyerahan jemaah haji kloter 71 berlangsung singkat, kembali dengan ramah Abdul Djamil bertanya kepada jemaah terkait kesan-pesan serta kepuasan setelah melaksanakan ibadah haji, dengan penuh suka-cita jemaah menjawab puas dan ingin kembali mengulang berangkat haji lagi.

“Bagaimana bapak/ibu ibadah hajinya, senang tidak rasanya? Kepingin berangkat lagi tidak?” tanyanya disambut jawaban serampak para jemaah “Ya Pak…”

“Senang, puas boleh saja namun mulai tahun 2015 aturan berlaku bahwa seseorang yang telah melaksanakan ibadah haji baru boleh mendaftar haji lagi setelah 10 tahun dan itupun ditambah dengan antrian yang berlaku saat itu, ini semua dalam rangka memangkas daftar antrian panjang jemaah haji. Uuntuk Jawa Tengah saja saat ini antrian telah mencapai tahun 2038,” jelasnya.

Usai menyambut jemaah haji kloter 71 Abdul Djamil melaksanakan ibadah shalat jumat di Masjid Al-Mabrur di Komplek Asrama Haji Donohudan Boyolali, kemudian melakukan pemantauan di ruang-ruang operasional PPIH serta mengecek data keberangkatan dan kepulangan jemaah haji pada Debarkasi Solo.

Info Kedatangan Jemaah Haji

Sementara itu, Sekretaris PPIH Noor Badi menyampaikan bahwa sampai dengan kedatangan kloter 71 jumlah jemaah haji yang sudah dipulangkan dari Tanah Suci sebanyak 25,407, adapun jumlah jemaah yang masih tertinggal di arab Saudi karena sakit sebanyak 6 orang dan yang dirawat di Rumah Sakit Daerah Moewardi ada jemaah 5 orang serta untuk jemaah wafat sebanyak 53 orang.

“Pesawat pembawa jemaah haji kloter 71 tadi mendarat pada pukul 10:18 WIB dengan membawa 358 jemaah, hingga saat ini tercatat 25,407 jemaah telah kembali dari Arab Saudi dengan perkiraan tinggal 4,5% lagi jemaah masih tersisa di Arab Saudi, adapun untuk jemaah yang masih tertinggal hingga kloter 71 ada 6 orang, yang dirawat di RSD. Moewardi paska kepulangan ada 5 orang serta jumlah jemaah wafat sebanyak 53,” ucap Noor Badi.

Dijadwalkan esok Sabtu (15/10) Asrama Haji Donohudan akan menerima kedatangan 3 kloter yang akan menutup seluruh rangkaian proses pemulangan jemaah haji pada Debarkasi Solo, sesuai dengan jadwal kepulangan kloter 72 dari Kabupaten Kendal dan Kabupaten Demak akan mendarat di Bandara Adi Soemarmo pada pukul 03:40 WIB, kemudian dilanjutkan kloter 73 dari Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Semarang pada pukul 10:40 WIB dan diakhiri kloter 74 dari Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga pada pukul 18:55 WIB. (gt/gt)