Banjir Order Baju Lebaran, Tata Busana MAN 2 Banjarnegara Siap Lahirkan Desainer Profesional

Banjarnegara – Peserta didik Jurusan Keterampilan Tata Busana MAN 2 Banjarnegara membuka jasa desain sekaligus menjahit baju lebaran pasca Ujian Praktik Kelas XII pertengahan April kemarin hingga menjelang akhir Ramadan, Minggu,(9/5) di laboratorium Tata Busana gedung utara. Kegiatan tersebut merupakan salah satu implementasi dari pelajaran yang pernah didapatkan selama tiga tahun belajar materi Tata Busana.

Ridlo Pramono, selaku Kepala Madrasah, mengapresiasi dan mendukung penuh hal tersebut. “Alhamdulillah, ini merupaka salah satu prestasi peserta didik kita yang luar biasa dan perlu diapresiasi. Masyarakat sudah menaruh kepercayaan pada lulusan kita dalam mendesain sekaligus menjahitkan baju mereka. Ke depan, kita punya target untuk mempunyai butik sendiri yang diisi karya-karya terbaik peserta didik kita agar semakin dikenal luas, dan mereka kelak menjadi desainer-desainer profesional,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut berlangsung hampir setiap hari kecuali hari libur, dimulai sekitar pukul  sembilan sampai dengan kurang lebih pukul dua siang.

Rokhimah, Kepala Laboratorium Tata Busana sekaligus Guru Mata Pelajaran Keterampilan Tata Busana menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan selain untuk praktik langsung ilmu mereka juga untuk mengisi waktu luang sambil menunggu pengumuman Ujian Praktik dengan hal yang lebih bermanfaat.

“Tidak semua kelas XII bergabung dalam kegiatan ini, karena memang tidak wajib ya, tapi hampir 50% lebih. Pasca Ujian Praktik kemarin memang saya persilahkan untuk membuka jasa desain sekaligus menjahit karena momentnya pas mau lebaran. Alhamdulillah ini banyak, setiap anak ada yang sampai lima stel baju,” ungkapnya.

Beliau juga menambahkan jika desain dan model baju ini cukup bermacam-macam dari yang sederhana sampai dengan rumit, dengan konsumen didominasi oleh perempuan. Tarif harga juga beragam tergantung model dan tingkat kesulitannya.

Sementara, Saputri Anjani, salah satu peserta didik yang mengikuti kegiatan ini mengaku cukup senang dan antusias. “Alhamdulillah kami bisa belajar mengaplikasikan ilmu yang kami dapatkan sewaktu belajar di madrasah. Kami juga bisa menabung untuk persiapan lebaran nanti,” pungkasnya. (ta/ak/rf)