2 Siswa MAN 1 Rembang Ikuti Lomba KTI

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MAN 1 Rembang — Dua guru pembina Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) MAN 1 Rembang memberikan bimbingan kepada 2 tim peserta didik untuk menyiapkan presentasi hasil karya ilmiahnya kepada dewan juri lomba pada Senin (9/1) di ruang kelas digital.

Dua guru pembina LKTI MAN 1 Rembang tersebut adalah Siti Kasidah dan Minanur Rohman. Mereka menjadi guru pembimbing LKTI setelah mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari pimpinan madrasah.

Kepala MAN 1 Rembang, M. Khoiron mengatakan, pemilihan guru pembimbing LKTI bukan tanpa alasan. Menurutnya, Siti Kasidah dan Minanur Rohman layak mendapatkan SK pembina LKTI karena telah lama berkecimpung dalam penulisan karya ilmiah. “Kami berharap semoga 2 tim peserta didik Kami bisa meraih hasil terbaik, ” harap Khoiron.

Siti Kasidah selaku pembina LKTI tim 1 mengatakan bahwa lomba yang diikuti oleh peserta didiknya adalah LKTI tingkat SMA sederajat se-Kabupaten Rembang yang diselenggarakan oleh Universitas YPPI Rembang (UYR).

Menurut Kasidah, tema sentral dalam lomba ini adalah Pajak Untuk Indonesia Lebih Maju. Keikutsertaan timnya dalam lomba ini selain untuk berkompetisi tetapi juga yang terpenting adalah memberikan keterampilan penulisan karya tulis ilmiah yang sangat bermanfaat saat peserta didik kuliah.

“Alhamdulillah, 2 tim peserta didik kami bisa masuk finalis,” imbuh Kasidah, almuni Pasca Sarjana Managemen Pendidikan 2012, Universitas Negeri Semarang.

Sementara itu, Minanur Rohman selaku guru pembina LKTI tim 2 MAN 1 Rembang mengatakan, setiap tim terdiri dari 2 peserta didik. — tejo/iq

Ia menjelaskan bahwa sistem penilaian LKTI terdiri dari unsur orisinalitas, sistematika penulisan karya tulis ilmiah, kesesuaian karya dengan tema, dan penggunaan Bahasa Indonesia yang baku.

Masih menurut Minan, babak final LKTI yang diikuti oleh 10 finalis akan dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2023 melalui presentasi terbuka dihadapan dewan juri di Kampus UYR.

“Semoga 2 tim kami bisa meraih juara 1 dan juara 2,” tegas Minan, mantan tim riset MAN 1 Semarang.

Syaian Maulana (XI MIPA 1), mewakili tim LKTI MAN 1 Rembang menerangkan bahwa materi bimbingan yang diberikan pembina antara lain teknis penulisan karya tulis ilmiah, pembuatan silde persentasi yang menarik, penguasaan materi karya ilmiah, dan teknik presentasi menarik, efektif, dan efisien.

“Semoga kami bisa meraih hasil terbaik, dan mengharumkan nama baik madrasah,” ujarnya pada tim humas MAN 1 Rembang. — tejo/iq/rf