67 Siswa MAN 1 Brebes Timba Ilmu Menjadi Wirausahawan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – 67 siswa  MAN 1 Brebes antusias mengikuti Seminar Nasional Enterpreneur dan Pemuda Mandiri yang dilaksanakan oleh Wirausaha Muda Nusantara (Wimnus) Jawa Tengah bersama Trainer dan Motivator Muda Indonesia Syafii Efendi di Islamic Center Brebes,  pada Sabtu, (2/9/23).

Siswa MAN 1 Brebes yang didampingi oleh Amaludin selaku Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum (waka Kurikulum) yang mewakili kepala madrasah mengungkapkan, “Ke-67 siswa MAN 1 Brebes yang mengikuti seminar  ibarat kata menimba ilmu, karena mereka merupakan bagian dari  anak-anak muda yang diharapkan untuk bisa mandiri, dengan diberikan wawasan global dan  memotivasinya,  mendorong bagaimana selepas lulus atau tamat sekolah/kuliah, tidak lagi bergantung dengan orang tua atau orang lain,  mereka dipacu untuk menjadi entrepreneur yang mampu menciptakan lapangan kerja untuk dirinya dan orang lain,” jelasnya.

Sementara Syafi’i Effendi, seorang motivator muda sekaligus President of Organization of Islamic Cooperation (OIC) Youth Indonesia  hadir sebagai pemateri dalam acara ini. Syafi’i menuturkan “Entrepreneur bukan sejenis pekerjaan, tapi sebuah bagian untuk membentuk pola pikir, leadership, dan karakter. Ketiganya adalah bagian dari entrepreneur yang tidak bisa digantikan,” ungkapnya.

Dia memberikan tips bagaimana cara merubah menjadi lebih baik kepada para siswa yang hadir dari berbagai perwakilan SMA/SMK/ MA se-Kabupaten Brebes. “Pertama, kita harus tahu posisi kita di mana. Kedua, kita tahu ke mana arahnya. Ketiga, kita tahu bagaimana caranya. Keempat, kita eksekusi,” terangnya.

Lebih  rinci, dia menjelaskan, bahwa setiap pribadi/indivudu harus tahu bahwa tindakan dapat memengaruhi kebiasaan dan kebiasaan juga memengaruhi cara berpikir kita. Cara berpikir ini didukung oleh dua komponen yang berpengaruh yaitu 20 persen pengetahuan dan 80 persen lingkungan. Lingkungan yang positif berpengaruh baik terhadap pola pikir seseorang.

Seminar ini dihadiri Moh. Furqon Amperawan selaku Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan mewakili Pj. Bupati Brebes, Juremi A. Fauzi mewakili Plt. Kan Kemenag, Hendrik Maulana,S.Sos Ketua DPD KNPI Kabupaten Brebes dan 1100 peserta perwakilan dari pelajar SMA, SMK, MA, Mahasiswa dan pemuda Brebes.

Dalam sambutannya Moh. Furqon Amperawan mewakili Pj. Bupati Brebes sekaligus membuka acara berharap, Wimnus menjadi tempat untuk meningkatkan kualitas SDM dan menumbuhkan enterpreneur muda yang energik dan kreatif, serta bisa berpengaruh pada kemajuan perekonomian Brebes.

Ketua DPD Wimnus Jateng Slamet Muridan menjelaskan, tujuan seminar sebagai upaya recovery next normal bagi pelajar dan pemuda Brebes supaya mandiri, mampu berorganisasi, lebih produktif dan mau berwirausaha serta bersemangat melanjutkan kuliah.

“Kami ingin anak muda sadar tiga hal ini. Pertama kuliah itu penting, kedua pentingnya organisasi, dan ketiga kami ajak untuk berwirausaha,” katanya.(Diana/hid/Sua)