Deteksi Dini Kanker, DWP Kankemenag Kota Semarang Antusias Ikuti Tes IVA dan SADANIS

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Senin (11/7/2022) Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang mengikuti rapat persiapan kegiatan tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) dan SADANIS (Periksa Payudara Klinis), yang diselenggarakan oleh DWP Kemenag Pusat melalui zoom meeting. Kegiatan ini diikuti oleh Ketua DWP Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi dan Kabupaten/kota se-Indonesia.

Sriwahyuningsih salah satu Pengurus DWP Kankemenag Kota Semarang yang mengikuti rakor tersebut menuturkan, kegiatan tes akan dilaksanakan secara serempak se-Indonesia pada 10 Agustus 2022. “Terkait pelaksanaan tes IVA dan SADANIS, masih perlu diadakan koordinasi dengan DWP Kanwil Kemenag Prov. Jateng, mau dilaksanakan terpusat di salah satu titik atau di Kabupaten/Kota masing-masing,” tuturnya.

“Adapun target peserta per provinsi sebanyak 150 orang, dan saya optimis target tersebut akan bisa diraih oleh Jawa Tengah, karena hal ini semakin meningkatnya kesadaran wanita akan pentingnya menjaga kesehatan dan mencegah terjangkit penyakit kanker,” imbuhnya.

“Tadi juga dipaparkan oleh Ketua Panitia Pelaksanaan Tes IVA dan SADANIS, jika DWP Kemenag RI telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Direktur P2PTM (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular).  Bagi DWP di wilayah masing-masing diminta untuk berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, dengan membawa surat pemberitahuan dari Direktur P2PTM tersebut,” terangnya.

Selepas mengikuti kegiatan zoom meeting, Sriwahyuningsih mengungkapkan jika dirinya tertarik mengikuti tes tersebut. “Katanya penyebab kematian kedua tertinggi pada wanita di Indonesia adalah kanker serviks dan payudara. Tes ini berfungsi sebagai deteksi dini terhadap kedua penyakit mematikan tersebut,” ungkapnya. “Sudah selayaknya kita ikut mensukseskan program-program kesehatan, salah satunya bagaimana upaya meminimalisir atau pencegahan dini akan terjangkitnya kanker serviks dan payudara,” pungkasnya.(Sri/NBA/bd)