Dialog Menjaga Moderasi Beragama Bagi Pinandita dan Tokoh Agama Hindu Kabupaten Karanganyar

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar – Kegiatan dialog antar umat beragama sebagai upaya membangun toleransi umat beragama, merawat dan menjaga kerukunan umat beragama sangat penting dan terus dilakukan di negara Indonesia dengan berbagai macam kemajemukan ini.

Kementerian Agama Kab. Karanganyar menggelar kegiatan Dialog moderasi beragama Bagi Pinandita dan Tokoh Agama Hindu Kab. Karanganyar, di Aula MAN 1 Karanganyar pada Senin, 13/2/2023.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab, Karanganyar, Wiharso mengatakan, “Dialog ini untuk menjaga moderasi beragama di Kabupaten Karanganyar, dan media dari berbagai agama untuk berdialog dan saling silaturrahim antar tokoh agama, khususnya di Karanganyar,” tandas Wiharso.

“Moderasi beragama mengamalkan pemahaman beragama yang berimbang yang sesuai dengan ajaran agama. Tanpa melebih-lebihkan atau tanpa mengurangi, menggunakan pemahaman agama yang mengedepankan nilai-nilai kasih sayang, perdamaian, dan toleransi dengan tidak mengorbankan ajaran-ajaran pokok agama,” jelasnya.

“Kami sangat berterima kasih karena Para tokoh agama Hindu sudah  sangat berperan penting dalam meredam suasana dan mencegah perpecahan antar umat beragama, sehingga terwujud kerukunan bersama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, maka sikap moderasi dalam beragama mutlak diperlukan, Untuk itulah Kementerian Agama Karanganyar mengajak seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat serta seluruh komponen masyarakat untuk terus menjaga kerukunan dan membangun tolerasnsi umat beragama, agar tercipta suasana yang sejuk dan kondusif di tengah-tengah masyarakat khusunya di Karanganyar,” pungkas Wiharso.

Acara selanjutnya di isi materi dengan narasumber Pembimas Hindu Kanwil Jateng, Drs. I Dewa Made Artayasa, Ketua PSN Provinsi Jawa Tengah: Drs. Anak Agung Ketut Dharmaja, M.Pd.H, Unsur FKUB Kab. Karanganyar: Abah Rusdan Arief, M.pd.(ida/sua)