Diikuti 6000 Santri, Apel Peringatan Hari Santri Nasional Di Alun – Alun Kebumen Berlangsung Khidmat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Apel Santri Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Tahun 2022 berlangsung hidmat di alun – alun Kebumen, Sabtu (22/10). Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto bertindak sebagai Pembina Apel dan H. Ibnu Asaddudin Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen bertugas sebagai pembaca doa.

Diikuti oleh sekitar 6000 santri Kebumen, Apel dipimpin oleh Kapten CBA Ahmad Tofik Nur dari Kodim 0709. Turut hadir, jajaran forkompimda, Rois Syuriah dan Tanfidziah PCNU Kebumen KH Afifuddin bin Chanif Al Hasani dan KH Moh Dawamudin  serta jajaran ASN Kemenag Kebumen.

Mengawali amanatnya Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto menyampaikan bahwa sejarah peringatan Hari Santri Nasional sendiri bermula dari Resolusi Jihad Nahdlatul Ulama (NU) yang berlangsung di Surabaya pada tanggal 22 Oktober 1945. Dijelaskan H. Arif, bahwa resolusi Jihad tersebut lahir sebagai respons atas informasi dari Presiden Soekarno kepada KH Hasyim Asy’ari akan datangnya sekutu yang ingin berusaha merebut kemerdekaan.

Bupati meminta kepada para santri, khusunya di Kebumen agar jangan sekali kali melupakan jasa mereka para santri dan Kiyai pendiri Negara Kesatuan Republik Indonesia. Terlebih mereka para santri dan ulama yang menaruhkan darah dan nyawanya untuk mempertahankan keberlangsungan berbangsa dan bernegara pada tanggal 27, 28 dan 29 Oktober tahun 1945.

“Sebagai penerus, marilah kita semangat untuk mengisi kemerdekaan ini dengan nilai nilai kebaikan, karya karya positif dilandasi rasa kasih sayang dan persatuan serta kesatuan diantara kita,” ujar H. Arif.

“Keberagamaan dan kebhinekaan adalah hal yang luar bisa untuk Indonesia, tetapi ini menjadi satu kekuatan yang besar untuk meraih kejayaan Indonesia. Selamat Hari Santri Nasional Tahun 2022 Berdaya menjaga martabat kemanusiaan.” Ucap Bupati.

Pada kesempatan tersebut H. Arif juga mendoakan semoga para santri di kabupaten Kebumen bisa menjadi SDM yang handal, berkarakter dan mumpuni, SDM yang akan dibanggakan oleh bangsa dan nerara.

Senada dengan Bupati, dalam doa yang dibacakan, Kepala Kankemenag Kebumen H. Ibnu Asaddudin turut mendoakan semoga di tangan para santri, kabupaten Kebumen menjadi lebih semarak, sejahtera, mandiri, berakhlak bersama rakyat.(fz/bd).