Dokcil Diharap Jadi Pioner Kebersihan Diri dan Lingkungan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Guna meningkatkan kesadaran siswa akan kebersihan diri dan lingkungan, UPTD Puskesmas Genuk bekerjasama dengan MI dan SD di wilayah kecamatan setempat, menggelar kegiatan pelatihan Dokter Kecil (Dokcil).

Kegiatan dimaksud dilaksanakan di SD Genuksari 01, Rabu (14/12/22).

Ada 85 perwakilan Dokcil yang berasal dari 17 MI dan SD se-Kecamatan Genuk turut dalam pelatihan tersebut.

Kegiatan dibuka oleh Ketua Korsatpen Kecamatan Genuk.

Pada kesempatan itu, Kepala Puskesmas Genuk mengatakan, kegiatan pelatihan Dokcil merupakan salah satu bentuk sinergitas antara Puskesmaa dengan MI/SD di wilayah binaannya.

Materi pelatihan ada beberapa diantaranya, pengetahuan umum dan peran Dokcil di madrasah/sekolah, kesehatan gigi dan mulut, kebersihan + CPTS, gizi, serta Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K).

Pada acara penutupan, A. Ghufron selaku Kepala MI Miftahush Shibyan 01 menyampaikan apresiasi kepada Puskesmas Genuk selaku inisiator pelatihan. “Mewakili MI dan SD se-Kecamatan Genuk, kami mengucapkan terima kasih kepada Puskesmas Genuk atas terselenggaranya pelatihan Dokcil,” tuturnya.

“Peserta pelatihan Dokcil akan menjadi pioner dan teladan bagi teman-temannya di madrasah/sekolah dalam upaya menjaga kebersihan diri dan lingkungan, baik di lingkup keluarga maupun masyarakat sekitar,” imbuhnya. Ia mengatakan, dalam upaya menjaga kebersihan diri dan lingkungan, madrasah melakukan pembiasaan kepada peserta didik dengan mencuplik salah satu hadist, bahwa kebersihan adalah sebagian daripada iman.(SAW/NBA/bd)