Gali Potensi Pemuda di Bidang Agama, Kemenag Kebumen Gelar Lomba Da’i dan Muadzin

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Guna mencari bibit bibit potensial untuk mensyiarkan Agama Islam, Kantor Kementerian Agama Kebumen menggelar lomba Adzan dan Da’i Remaja. Lomba sendiri dibuka untuk umum bagi siswa SD/MI hingga SMA/MA di Kebumen.

Digelar di Alun-alun Kebumen Minggu, (30/04/23), hadir sebagai dewan juri diantarany Kyai Fahrudin, H. Ahmad Cholid Fikri, dan Nyai Siti Mutmainah. Ketiganya merupakan Penyuluh Agama Islam Fungsional Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Ibnu Asaddudin  melalui Humasnya Faozan Bakhtiar menuturkan, Lomba Adzan dan Da’i Remaja ini digelar dalam rangkaian Halal Bihalal Bupati Kebumen dengan kepala desa Kemarin. Dimana dalam lomba ini diikuti oleh 42 peserta untuk lomba Da’i yang sebelumnya telah disaring secara online pada (27/04/23). Sedangkan untuk lomba Adzan diikuti oleh 20 anak yang juga telah diseleksi secara online di tanggal yang sama di ruang podcast Kemenag Kebumen.

“Lomba ini dalam rangka rangkaian halal bihalal Bupati Kebumen kemarin, dan hari ini dari Kemenag Kebumen mengisinya dengan lomba da’i remaja dan juga lomba Adzan anak,” jelasnya.

Dikatakan, lomba ini merupakan yang pertama digelar di bulan Syawal sebagai salah satu upaya untuk menjaring bibit bibit Da’i muda dan Muadzin di Kebumen. Selain itu, dengan lomba ini diharapkan bisa membentuk karakter, ahlak mulia anak sebagai generasi milenial bangsa yang cerdas beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Kemudian, diharapkan juga bisa memupuk ukhuwah Islamiah dan memberi ruang bagi anak menggali potensi mereka serta mengambangkan bakat. Dan tentu mendorong lahirnya da’i dan da’iyah serta Muadzin yang berbakat.

“Tujuannya untuk mencari bibit unggul da’i muda dan muadzin, yang potensial di Kabupaten Kebumen dan juga membentuk akhlak mulia pada generasi milenial,” ujarnya.

Adapun mereka yang berhasil menjadi juara pada lomba Da’i Remaja dan Adzan Anak yaitu sebagai berikut :

  • Juara 1 lomba Da’i Remaja diraih oleh Hasna Mulina siswi MTSN 1 Kebumen membawakan ceramah dengan tema “Keutamaan Sholat Berjamaah”
  • Juara 2 lomba Da’i Remaja diraih oleh Amelia Rahmawati siswi SMP Negeri 1 Puring membawakan ceramah dengan tema “Sholat Adalah Tiang Agama”
  • Juara 3 lomba Da’i Remaja diraih oleh Adib Fatih Zamroni siswa MIN 1 Kebumen membawakan ceramah dengan tema “Pentingnya Menjaga Sholat”
  • Juara 1 lomba Adzan Anak diraih oleh Akhdan Latif Mu’azam siswa MI Raudlotushsholihin Jemur Pejagoan
  • Juara 2 lomba Adzan Anak diraih oleh Fahri Maulana Ilham siswa SD Negeri Grujugan Petanahan
  • Juara 3 lomba Adzan Anak diraih oleh Zaid Syafingi Muchtar siswa SD Negeri Grogobeningsari Petanahan(fz/bd).