Gelaran Lomba MAPSI SD Tingkat Kota Semarang Tahun 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Rabu (6/9/2023), H.M. Faojin selaku Pengawas PAI Kankemenag Kota Semarang menghadiri Pembukaan Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI) Tingkat Kota Semarang Tahun 2023 yang diselenggarakan di SDN Pekunden.

Selaku Ketua Panitia, Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SD, Parinem menyampaikan, Lomba MAPSI dilaksanakan secara berjenjang,dari tingkat kota hingga provinsi.

Dalam laporannya, ia menerangkan, ada 10 jenis lomba yang dipertandingkan dalam Lomba MAPSI Tingkat Kota Semarang Tahun 2023 yaitu, Pengetahuan PAI dan BTQ, Praktik Wudu dan Salat, Khitabah, Karya Tulis Ilmiah, Keterampilan Komputer, Khat, Tilawatil-Quran,  Cerita Islami, Menyanyi Duet Lagu Religi, dan Rebana.

Ia mengatakan, Lomba MAPSI kali ini diikuti oleh 464 peserta didik dari Korsatpen se-Kota Semarang.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bambang Pramusinto. “Tujuan diadakannya Lomba MAPSI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam, pengamalan ibadah salat dan membaca alquran, merefleksikan nilai-nilai budi pekerti yang luhur dalam kehidupan sehari-hari, menumbuhkan apresiasi seni islami guna memupuk ukhuwah islamiyah antar peserta didik, mengembangkan keterampilan hidup, rasa cinta seni islami, dan menjadikan peserta didik yang salih dan salihah,” terangnya.

“Melalui Lomba MAPSI, kami berharap anak-anak tidak hanya pandai secara akademis, tetapi juga memiliki karakter yang positif, yang bisa menjadi contoh bagi peserta didik lainnya seperti, kepekaan terhadap lingkungan sekitar dan suka menolong,” imbuhnya.

Ia mengatakan, peserta Lomba MAPSI Tingkat Kota Semarang merupakan peserta didik yang telah dipilih melalui seleksi. “Anak-anak yang mengikuti Lomba MAPSI hari ini, merupakan kader-kader terbaik dari sekolahnya masing-masing,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, kepada peserta lomba, Bambang Pramusinto berpesan, agar mereka memberikan performa yang terbaik. “Manfaatkan kegiatan ini sebaik mungkin, karena kalau mau jadi orang sukses harus berani tampil. Kesempatan ini digunakan untuk tampil sebaik mungkin agar bisa meningkatkan rasa percaya diri,” pesannya.

Selepas acara pembukaan, H.M Faojin berbincang hangat dengan Plt. Kadinas Pendidikan Kota Semarang. Ia menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Lomba MAPSI Tingkat Kota Semarang yang diprakarsai oleh Disdik Kota Semarang. “Hasil Lomba MAPSI sangat bermakna bagi sekolah, utamanya pada peningkatan nilai akreditasi. Karena dalam Lomba MAPSI Tingkat Kota Semarang ada cabang lomba yang jarang diselenggarakan oleh lembaga/dinas/kementerian lainnya seperti, lomba karya tulis ilmiah dan keterampilan bagi jenjang SD. Bagi peserta didik yang berhasil meraih kejuaraan pada kedua cabang lomba tersebut, akan memberikan kontribusi bagi satuan pendidikannya,” ujarnya.

Ia pun berharap, Lomba MAPSI bisa terus dilaksanakan rutin setiap tahun.(M.Rokhimin/Faojin/NBA/bd)