Harapkan Tingkatkan Nasionalisme ASN, Kemenag Kota Semarang Pasang Umbul-Umbul

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Sambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77, Kantor Kementerian Agama  Kota Semarang memasang umbul-umbul merah putih di sepanjang halaman kantor dan juga rumah dinas, Senin (8/8/2022).

Dengan terpasangnya umbul-umbul di sepanjang halaman kantor, nuansa Kankemenag Kota Semarang nampak merah-putih layaknya bendera Indonesia.

Rachmad Pamudji selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Menuturkan, pemasangan umbul-umbul tersebut diharapkan dapat meningkatkan rasa nasionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kankemenag Kota Semarang. “Pemasangan umbul-umbul tidak hanya sebagia wujud menyambut HUT RI ke-77, tetapi lebih dari itu kami berharap hal ini dapat meningkatkan rasa nasionalisme ASN di lingkungan Kankemenag Kota Semarang. Merah putih melambangkan pengorbanan para pahlawan bangsa dalam mempertaruhkan jiwa dan raga guna merebut kemerdekaan dari tangan penjajah,” tuturnya.

“Hendaklah perjuangan mereka kita hargai, selalu kita ingat, dan kita kenang. Dengan cara apa? Yaitu mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif. Sebagai ASN, tentunya kita mengisinya dengan profesionalitas dalam bekerja, sebagaimana yang saat ini sedang diperjuangkan oleh Kementerian Agama agar menjadi instansi dengan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),” ujarnya.

“Tak hanya itu, saat ini saat ini rawan pula adanya perpecahan di tengah masyarakat karena ada pemahaman keliru, yaitu pemahaman yang ekstrim kiri maupun ekstrim kanan. Maka perlu jalan tengah. Oleh karenanya, Kementerian Agama menggaungkan kembali toleransi antar umat beragama, melalui salah satu program prioritas kerjanya, yaitu penguatan moderasi beragama, dan menetapkan tahun ini sebagai tahun toleransi,” pungkasnya.(Pamudji/NBA/bd)