Istri Harus Menjadi Pendamping Dan Penasihat Suami

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung menggelar pertemuan Rutin, yang dihadiri oleh Penasehat DWP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H.Ahmad Muhdzir,  Ketua DWP Kantor Kemenag Kab. Temanggung, Hj. Purwi Indriyaningsih, Pengurus serta anggota, yang berlangsung Aula Kantor Kemenag, Jum’at (2/12).

Selain sebagai ajang silaturahmi, pertemuan ini juga diisi dengan arisan bulanan dan pembahasan tentang program DWP Kantor Kemenag Kab. Temanggung termasuk membahasa kegiatan lomba-lomba dalam rangka memperingati HAB ke 77 TAhun 2022.

H. Ahmad Muhdzir dalam sambutan pengarahannya menyampaikan oleh-oleh yang didapat dalam acara pelantikan eselon III dan pembinaan oleh Kepala Kanwil Kemenag Prov. Jateng. Core values ASN diimplementasikan dalam kata “Berakhlak” yang merupakan akronim dari ‘berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif. Penjelasannya  :  Berorientasi pelayanan pada masyarakat; bukan memerintah, diibaratkan memperbaiki perahu agar tidak karam di tengah lautan, memperbaiki niat, iman kita, mengevaluasi diri. Akuntabel yaitu setiap tugas yang dijalankan bisa dipertanggungjawabkan. Kompeten yaitu memiliki kemampuan yang baik sehingga dapat menjalankan tugas dengan lebih baik. Harmonis yaitu ketulusan bekerjasama dalam tim menghilangkan ego dalam diri karena sifat ego berarti mengeluarkan Tuhan dari dirinya. Loyal terhadap negara yaitu tidak merongrong kedaulatan / kesatuan negara, setia kepada Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD 45, dan NKRI. Adaptif yaitu mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan perkembangan dunia teknologi dan Kolaboratif adalah mampu bekerjasama dengan semua pihak terkait.

Lebih lanjut, Ahmad Muhdzir kembali mengingatkan kepada seluruh anggota untuk tidak lupa akan tugasnya yaitu mendukung kegiatan suami sebagai abdi negara untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya dibidang keagamaan dalam mewujudkan visi dan misi Kantor Kementerian Agama Kab. Temanggung.

“Sebagai isteri seorang PNS dimanapun dapat menjadi penyeimbang dalam rangka membantu suami, ikut menjadi motivator, selain sebagai seorang isteri pendamping suami, juga mempunyai peran seorang ibu yang mendidik anak-anak supaya berhasil dan berpotensi menjadi anak yang sholeh, sehingga dapat menjadi teladan bagi masyarakat,“ imbuhnya.

Sementara Ketua DWP Kantor Kemenag Kab. Temangung, Hj Purwi Indriyaningsih Ahmad Muhdzir dalam sambutannnya menyampaikan bahwa lomba HAB ke-77 akan dilaksanakan pada tanggal 23 Desember 2022.

Hj. Purwi menyampaikan hasil pembinaan dari Kanwil Kemenag Prov. Jateng antara lain :  istri harus menjadi pendamping dan penasihat suami, disegani di kantor juga di rumah, istri memberikan sumbangan pemikiran kepada suami.

Selanjutnya disampaikan 5  hal penghilang kebahagiaan : ingin menyenangkan semua orang, lebih baik menjadi diri sendiri, takut untuk berubah karena sudah si zona nyaman sehingga menghambat kita untuk bertumbuh, hidup di masa lalu, maka segera move on dan memaafkan, berkata negatif pada diri sendiri, sebaiknya selalu berkata yang positif karena mengulang kata dan doa, Over thinking, yaitu terlalu banyak berfikir atau selalu banyak pikiran juga tidak baik.

Pada kesempatan yang sama Umi Nur Aspiatiningsih, selaku sekretaris DWP menjelaskan pelaksanaan lomba HAB ke-77 akan dilaksanakan pada 23 Desember 2022 yang diikuti oleh 15 UP dan 15 pelaksana. Kegiatannya meliputi : senam dengan masing-masing UP mengirimkan 5 peserta. Estafet air dengan satu regu berisi 5 orang. Menghias pot bunga berlogo Kemenag, bantuan social, dan anjangsana kepada para pensiunan Kemenag. Dalam kegiatan tersebut juga dijelaskan terkait hidup sehat dengan madu dan memperkenalkan macam-macam jenis madu, serta manfaatnya bagi kesehatan yang disampaikan oleh Djundardo.(sr/rf)