Jelang Keberangkatan, Calon Jemaah Haji Kebumen Ikuti Bimbingan Manasik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Jelang keberangkatan, Jemaah Haji Kabupaten Kebumen mendapatkan pembekalan dan pembinaan berupa Bimbingan Manasik Haji dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen. Kegiatan akan dilaksanakan selama dua hari mulai Senin – Selasa (15-16/05/23) di Hotel Candisari Karanganyar Kebumen. Hadir pada pembukaan kegiatan ini, Kepala Kakemenag Kebumen H. Sukarno, para Kasi dan Penyelenggara serta jajaran Forkompimda. Sementara Bupati Kebumen yang berhalangan hadir diwakili oleh Kabag Kesra Setda Kebumen Mukhsinul Mubarok.

Mengawali sambutannya, H. Sukarno menjelaskan bahwa Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2023 mengusung tema Haji Berkeadilan dan Ramah Lansia. Dengan tema tersebut, di hadapan sekitar 1269 peserta manasik, Kakankemenag menyampaikan komitmennya akan memberikan layanan terbaik kepada seluruh Jemaah Haji Kabupaten Kebumen.

“Kami seluruh jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen berkomitmen memberikan layanan terbaik kepada seluruh Jemaah, tugas kita adalah memberikan pelayanan, perlindungan dan bimbingan kepada Jemaah Haji dengan sebaik – baiknya,” ungkap Sukarno.

Untuk itu lanjut dia, manasik haji ini bertujuan membantu agar jamaah haji semakin siap baik dalam hal memahami rangkaian ibadah haji, merasakan suasana di tengah banyak jamaah, menjaga kesehatan hingga kebugaran dan beberapa hal lainnya. Sehingga pada saatnya nanti, jemaah haji dapat menjadi jamaah yang mandiri.

“Kemandirian ini sangat penting karena pada dasarnya ibadah haji itu dilaksanakan secara mandiri. Meski terdapat juga banyak hal yang dilaksanakan secara berkelompok,” tuturnya.

Senada dengan Kakankemenag, Kasubbag TU H. Makruf Widodo selaku Ketua Panitia Penyelenggara Bimbingan Manasik Haji dalam sambutan sebelumnya mengatakan bahwa kegiatan bimbingan manasik ini dimaksudkan untuk membekali para jamaah calon haji tahun 1444 H/2023 M asal Kabupaten Kebumen dengan berbagai pengetahuan dan ketrampilan agar mereka dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan lancar, benar, aman dan nyaman.

Dengan manasik ini diharapkan mereka calon Jemaah Haji dapat memahami syarat, rukun, wajib dan sunah – sunah haji / umroh untuk memperoleh haji yang mabrur.

Sementara Bupati Kebumen, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabag Kesra Mukhsinul Mubaroh menginstruksikan kepada seluruh petugas dan stake holder terkait untuk melaksanakan tugas dan kewajiban dengan penuh tanggung jawab. Menurutnya, melayani masyarakat atau Jamaah Haji adalah bagian dari ibadah.(fz/bd).