Jelang Peringatan HAB, Tim Padus MAN 2 Rembang Rutinkan Latihan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MAN 2 Rembang — Nuansa peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 77 tahun 2023 sudah mulai terasa. Berbagai persiapan dilakukan untuk menyukseskan perhelatan tahunan yang akan diselenggarakan pada tanggal 3 Januari 2023 tersebut.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang sudah mengeluarkan Surat Tugas untuk pelaksanaan Upacara Hari Amal Bakti. Berbagai satuan kerja ditunjuk untuk menjadi petugas upacara. MAN 2 Rembang mendapat tugas salah satunya menjadi tim paduan suara.

Untuk memperlancar diadakan latihan yang sampai saat ini sudah berlangsung tiga kali. Fokus utama lagu yang nantinya akan ditampilkan adalah Mars Kementerian Agama. Hal ini karena selama ini belum pernah menyanyikannya.

Pengirim musik, Mochammad Arwani mengatakan menjadi tantangan tersendiri saat mengiringi lagu tersebut karena baru pertama kali. Jadi bisa dikatakan latihan dari nol karena tim paduan suara juga sebagian besar belum terbiasa menyanyikan mars tersebut.

“Sebelumnya saya nulis sendiri not-not nadanya dengan melihat dan mendengar dari youtube. Kalau untuk lagu lain seperti Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta, Syukur kita sudah terbiasa menyanyikan dan mendengarkan,” imbuhnya saat dimintai keterangan saat latihan Sabtu (10/12/2022) ini.

Menurut Arwani, tantangannya adalah bagaimana menyamakan suara dan nada tim paduan suara. Karakter suara yang berbeda-beda tentu tidak mudah untuk menyamakan pada sebuah lagu supaya padu dan enak di dengar.

Latihan hari pertama untuk pengenalan dan masih meraba-raba nada yang pas. Tim juga masih beradaptasi dengan Mars Kementerian Agama ini apalagi cukup panjang lagunya.

Latihan kedua masih melanjutkan untuk mendapatkan suara tim yang padu. Latihan hari ketiga pada hari Sabtu ini untuk pemantapan setelah memperoleh nada yang sesuai. Selain Mars Kementerian Agama, juga latihan lagu lain yang nantinya akan ditampilkan.

“Jika suara guru-guru yang tergabung dalam tim paduan suara sudah padu, nantinya saya akan menyesuaikan. Misalnya kira-kira dengan nada rendah kuat atau tidak,” pungkas Arwani. – huda/iq/rf