Kakankemenag Kebumen Ajak Para Kepala Desa Teladani Sifat Rasul dan Para Sahabat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Ibnu Asaddudin mengajak para Kepala Desa se Kabupaten Kebumen mencontoh akhlak Rosululloh Muhammad SAW dan para sahabatnya dalam menjalankan tugasn sebagai seorang pemimpin. Teladan yang dimaksud yakni mencontoh akhlak Rasul seperti sifat Sidik (jujur), amanah (dapat dipercaya) tabligh (menyampaikan) dan fatonah (cerdas). Temasuk juga juga ia meminta agar para Kepala Desa bisa menjadi pemimpin yang kuat atau digdaya.

Digdaya yang dimaksud H. Ibnu adalah pemimpin yang selalu siap menjalankan tugas apapun dan kapanpun jika diminta. Pemimpin yang digdaya juga harus siap turun ke lapangan mengutamakan kepentingan warganya.

Ajakan ini ia sampaikan pada acara Sulaturahmi dan Halal Bihalal para Kepala Desa dengan Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto Sabtu (29/04/23) di Alun – alun Kebumen. Turut hadir Wakil Bupati Hj. Ristawati Purwaningsih, Ketua DPRD Sarimun serta jajaran forkompimda lainnya.

H. Ibnu yang secara khusus diminta oleh Bupati H. Arif memberikan tausiah mengingatkan bahwa setiap manusia diciptakan oleh Allah SWT sebagai khalifah (pemimpin) di muka bumi. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam Al Qur’an Surat Albaqarah ayat 30 yang artinya : Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Aku hendak menjadikan khalifah di bumi.” Mereka berkata, “Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?” Dia berfirman, “Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”

Dijelaskan, sebagai seorang pemimpin tentu akan dimintai pertanggungjawaban oleh yang memberikan perintah, yakni Allah SWT. “Maka laksanakan tugas seorang pemimpin atau Kepala Desa sebagai sebuah amanah dengan baik dan penuh tanggung jawab semata mata karena mengharap ridho dari Allah S.W.T,” pesannya.(fz/bd).