Kakankemenag Kota Semarang Lakukan Cek Ulang Arah Kiblat di Musala Kantor

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Semarang (Humas) – Ahmad Farid, Kakankemenag Kota Semarang bersama Plt. Kasubbag Tata Usaha, Kasi Bimas Islam, Kasi PD. Pontren, dan Kasi Dikmad, melakukan kalibrasi arah kiblat pada Musala Al Ikhlas yang berlokasi di area Kantor Kementerian Agama Kota Semarang, Senin (27/05/2024).

Dibantu pegawai pada Seksi Bimas Islam, dengan menggunakan tongkat dan benang yang dibebani bandul, Farid memanfaatkan momentum Istiwa ‘Azam atau Rashdul Kiblat yaitu, fenomena matahari melintas tepat di atas Ka’bah, guna melakukan pengukuran ulang arah kiblat di musala tersebut. “Peristiwa ini paling tepat bagi kita untuk melakukan pengecekan ulang terhadap arah kiblat pada tempat-tempat yang biasa digunakan untuk beribadah salat seperti, masjid, musala, rumah, kantor, sekolah/madrasah, rumah makan, dan lainnya,” tutur Farid.

“Untuk itulah kami memanfaatkan momentum Rashdul Kiblat atau Istiwa ‘Azam guna melakukan pengecekan ulang arah kiblat di Musala Al Ikhlas Kemenag Kota Semarang,” imbuhnya.

Farid mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menambah kekhusukan dalam beribadah. “Dengan melakukan pengecekan ulang, kami berharap menjadi lebih mantap akan arah salat kami, dan menambah kekhususkan ASN muslim atau masyarakat penerima layanan Kemenag Kota Semarang saat melakukan ibadah salat,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan yang dilakukannya hari ini, merupakan salah satu bentuk dukungan dan partisipasi aktif dalam kegiatan Hari Sejuta Kiblat yang digaungkan oleh Bimas Islam Kemenag RI. Farid pun mengimbau kepada masyarakat Kota Semarang, tepat di pk. 16.18 WIB hari ini, melakukan pengecekan ulang arah kiblat di tempat ibadah salat masing-masing. “Yuk ikut menjadi bagian dari Hari Sejuta Kiblat,” pungkasnya.(Samsuddin/Nba/bel)