Kakankemenag Melihat Pengukuran Arah Kiblat Masjid Baiturrohman

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Batang – Untuk melihat secara langsung kegiatan para Penyuluh Agama Islam, Kakankemenag Kabupaten Batang H. Akhmad Farkhan didampingi Kepala KUA Kecamatan Tulis H.Jaenudin pada Kamis (10/08) menyambangi kegiatan pengukuran agar kiblat di Masjid Jami, Baiturrohman desa Simbang Jati Kecamatan Tulis. Hadir juga di masjid itu selain para Penyuluh Agama Islam Tulis juga Takmir Masjidnya.

Kepala KUA Kecamatan Tulis H. Jaenudin dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas kunjungan Kakankemenag pada kegiatan pengukuran arah kiblat itu.

“ Kami menyampaikan terimakasih atas kunjungan dan support dari Kakankemenag pada para Penyuluh Agama Islam yang sedang melaksanakan pengukuran arah kiblat ini,” kata H. Jaenudin.

Dia juga menjelaskan bahwa masjid Baiturrohman di desa Simbang Jati ini adalah masjid ke -20 yang telah dilakukan pengukuran ulang oleh para Penyuluh Agama Islam.

“ Para Penyuluh Agama Islam telah mengukur 19 Masjid dan di Masjid Baiturrohman ini adalah yang ke-20. Semua masjid jami’ yang telah diukur ulang itu tersebar diseluruh kecamatan Tulis,” jelasnya.

Sementara itu Koordinator Penyuluh Agama Islam Tulis Dewi Aminah menerangkan bahwa sejak program pengukuran kembali Masjid dan Mushola di kecamatannya, pihaknya langsung melakukan persiapan dan rapat dengan semua steakholder yang ada.

“ Alat ukur yang digunakan adalah alat pengukur arah kiblat yang dibuat oleh Penyuluh Agama Islam Kecamatan Subah, sebelumnya kami beberapa orang ke KUA Kecamatan Subah untuk melihat dan mempelajari cara kerja alat itu, dan setelah memahami kita menggunakan alat itu untuk mengukur arah kiblat masjid-masjid disini,” terangnya.

Dewi juga menceritakan tidak hanya memakai alat itu saja, sebagai perbandingan katanya, tetap menggunakan alat ukur yang di keluarkan oleh UIN Abdurahman Wahid Pekalongan juga aplikasi dari Bimas Islam agar akurasi arah kiblat benar-benar cocok.

Kakankemenag Kabupaten Batang H. Akhmad Farkhan dalam sambutanya menyampikan apresiasi pada Kepala KUA, Penyuluh Agama Islam dan para takmir masjid yang telah bekerja sama sehingga kegiatan itu dapat dilaksanakan dengan baik. Menurutnya upaya para Penyuluh Agama Islam ini merupakan perjuangan untuk masyarakat Islam yang cukup penting.

“ Saya menyampaikan apresiasi pada Kepala KUA Kecamatan Tulis, para Penyuluh Agama Islam dan para takmir masjid yang telah bahu-membahu sehingga kegiatan pengukuran arah kiblat ini dapat terlaksana dengan baik, pengukuran arah kiblat itu merupakan sebuah perjuangan yang penting bagi masyarakat Islam didaerahnya karena menghadap kiblat itu salah satu rukun dalam shalat, maka ini sangat penting,” kata H. Akhmad Farkhan.

Dia juga menyampaikan terimakasih pada para takmir masjid dan mushola yang telah mempercayakan pada Penyuluh Agama Islam untuk mengukur ulang arah kiblat pada masjid dan musholanya, sedangkan pada para Penyuluh Agama Islam semoga amal kebaikan dan kinerjanya ini akan menjadi sebuah amalan yang akan mendapatkan ganjaran dai Allah SWT. (Zy_humas/rf)