Kakankemenag Sidak dan Mengambil Apel Pagi di KUA Sidomukti

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Kakankemenag Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman melakukan sidak di KUA Kec. Sidomukti, pagi ini Senin (12/12). Tidak hanya sidak, Kakankemenag juga mengambil apel pagi didampingi oleh Kasi Bimas Islam, Hj. Siti Handayani. Apel diikuti oleh Kepala KUA, staff KUA, Penyuluh PNS dan Non PNS di halaman kantor setempat.

Taufiq menyampaikan beberapa point evaluasi diantaranya disiplin kerja, teliti administrasi, kebersihan dan keamanan kantor untuk meningkatkan kualitas pelayanan.  “KUA merupakan representasi Kemenag mengingat KUA merupakan indikator utama pelayanan pada Kemenag. Saat ini KUA tidak hanya dikenal sebagai kantor layanan pernikahan, tapi juga pusat layanan untuk fungsi-fungsi kegamaan lainnya. Oleh karena itu, saya berharap baik Kepala KUA, staff, dan para penyuluh dapat memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat” jelas Taufiq.

Terkait dengan inspeksi mendadak atau sidak yang dilakukan di KUA Sidomukti, Taufiq ingin memastikan semua ASN dan Penyuluh Non PNS melaksanakan apel pagi. Apel pagi merupakan wujud kedisiplinan bagi ASN dalam mengemban amanahnya sebagai abdi negara. Apel yang dilaksanakan setiap hari senin, merupakan bagian dari pekerjaan yang tidak boleh ditinggalkan. Dengan mengikuti apel pagi, menandakan ASN sudah siap melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai abdi negara, tak terkecuali bagi Penyuluh Non PNS.

Taufiq menyampaikan Penyuluh baik itu PNS dan Non PNS merupakan garda terdepan Kemenag dalam urusan keagamaan. “Saya himbau para penyuluh untuk mengoptimalkan kinerjanya untuk membuat program-program yang efektif dan inovatif. Tingkatkan kedisiplinan juga dalam melakukan bimbingan penyuluhan dan jangan lupa tuangkan semua kegiatan dalam laporan. Karena laporan itu adalah bukti fisik, bahwa penyuluh benar-benar bekerja.” Himbau Taufiq.

Sebelum apel berakhir,  Taufiq menekankan selain memberikan penyuluhan, penyuluh juga diwajibkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, baik pelayanan yang berkaitan dengan nikah/rujuk, haji, kemasjidan, zakat dan wakaf serta urusan keagamaan lainnya.

Sementara itu, Kepala KUA Kec. Sidomukti H. Imam Talmisani menyambut baik sidak Kakankemenag ke KUA Kec Sidomukti, sebagai upaya pemantauan kedisiplinan jam kerja pegawai. “Selaku ASN kita harus selalu patuh terhadap regulasi yang sudah ditetapkan. Harapan kedepan, seluruh penyuluh non pns bisa mengikuti giat apel rutin setiap senin minggu kedua dalam rangka saling berkoordinasi dalam bidang-bidang kepenyuluhan.”  Harap Imam.  (YF/HA)