Kemenag Gelar MQK Tingkat Kota Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Sabtu (20/5/2023), Kankemenag Kota Semarang menggelar Seleksi MQK Tingkat Kota Semarang Tahun 2023 di aula kantor setempat.

Tantowi Jauhari selaku Kasi PD. Pontren Kankemenag Kota Semarang mengatakan, seleksi MQK dalam rangka melakukan penjaringan kafilah yang akan mewakili Kota Semarang dalam MQK Tingkat Jateng, yang akan digelar di Kab. Wonosobo, 29-31 Mei 2023.

“Kami berupaya mencari santri yang akan diikutsertakan dalam seleksi MQK Tingkat Provinsi Jawa tengah, yang akan dilaksanakan di Wonosobo, 29-31 Mei 2023,” terangnya.

“MQK tahun ini bersifat penjaringan, tidak ada kejuaraan, lomba dan pemenang, lebih bersifat seperti audisi,” imbuhnya.

Seleksi tersebut diikuti oleh sekitar 30 peserta yang berasal dari pondok pesantren di Kota Semarang.

Tantowi menuturkan, ada beberapa cabang seleksi yang dilakukan pada tiap-tiap jenjang. Tingkat ula, cabang yang dilombakan yaitu, fikih, nahw, akhlak, tarikh, dan tauhid. Tingkat wustha yaitu, fikih, nahw, akhlak, tarikh, hadis, ushul fikih, dan tauhid. Sedangkan tingkat ulya meliputi, fikih, nahw, akhlak, tarikh, ilmu tafsir, hadis, ilmu hadis, ushul fikih, balaghah, dan tauhid.

Dalam kompetisi tersebut, 3 unsur dilibatkan sebagai dewan juri. Ahmad Tajudin Taraffat dari Ponpes Besongo Semarang didapuk sebagai Ketua, Nasirudin Latif perwakilan dari RMI kota Semarang dan M. Ihtirozun Niam dari FKPP Kota Semarang, sebagai anggota.

Menurut Tantowi, ada satu kendala tersendiri dalam pelaksanaan seleksi santri di Kota Semarang.

“Kota Semarang tidak memiliki pondok pesantren khusus salaf, semua pondok rata-rata pondok modern dengan sekolah formal. Di kota Semarang juga belum ada Pendidikan Kesetaraan pada Pondok Pesantren (PKPPS), Pendidikan Diniyah Formal (PDF), maupun muadalah, yang kesemuanya bersumber dari kajian kitab kuning. Sehingga hal ini menjadi salah satu kurang optimalnya dalam pemilihan kandidat yang akan dipilih mewakili Kota Semarang,” ujarnya.

Ia berharap, pelaksanaan MQK Tingkat Kota Semarang memberikan hasil yang terbaik, sebagaimana harapan bersama.(Tantowi/Dina/NBA/bd)