Kemenag Kebumen Tunjuk Kelurahan Kebumen Sebagai Percontohan Desa Sadar Kerukunan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Seperti diketahui, desa sadar kerukunan merupakan salah satu program unggulan Kementerian Agama. Dinilai memiliki keberagaman dan sikap toleransi antar umat beragama yang cukup tinggi, Kemenag Kebumen bakal segera tetapkan Kelurahan Kebumen sebagai percontohan Desa Sadar Kerukunan.

Penilaian ini disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Ibnu Asaddudin saat memimpin Rapat Koordinasi Desa Sadar Kerukunan pada Selasa (11/04/23) di Aula Mabin Kemenag Kebumen.

Menurut pengakuannya, sebelum menunjuk kelurahan Kebumen sebagai percontohan desa sadar kerukunan ia telah menerjunkan tim pengendali Kerukunan Umat Beragama terlebih dahulu untuk melakukan survey lapangan dan mencari data data yang diperlukan. Dari hasil tersebut, ternyata kelurahan Kebumen telah memenuhi beberapa unsur yang dipersyaratkan.

Disampaikan, untuk ditetapkan sebagai desa/kelurahan sadar kerukunan, sebuah desa paling tidak harus memenuhi tiga unsur penting yakni terdapat lebih dari satu agama yang dianut oleh masyarakatnya. kemudian terdapat tiga bangunan tempat ibadah dari agama yang berbeda dan tidak pernah terjadi konflik antar pemeluk agama satu dengan yang lain alias penuh kedamaian, hidup rukun dan damai.

“Sebagai miniatur Kabupaten Kebumen, berdasarkan laporan yang saya terima, di kelurahan Kebumen memang masyarakatnya cukup beragam dan dihuni beberapa etnis yang berbeda, masyarakatnya kumplit pokonya, tetapi mereka dapat hidup rukun dan damai,” ungkap H. Ibnu.

Untuk itu ia berharap dengan dikukuhkannya Kelurahan Kebumen sebagai Desa/Kelurahan Sadar Kerukunan nantinya masyarakatnya semakin rukun dan kompak lagi dalam menjaganya karena sudah terbina baik selama ini agar bisa dicontoh oleh desa/kelurahan lainnya,

“Saya sangat optimis kelurahan Kebumen bisa menjadi contoh yang baik untuk hal ini, maka manakala toleransi dan kerukunan di Kelurahan Kebumen tercipta dengan baik, Insya Allah Kabupaten Kebumen juga akan semakin maju dan Semarak, sejahtera, mandiri, berakhlak bersama rakyat,” katanya.

Turut hadir pada rapat koordinasi ini jajaran pemerintahan kelurahan Kebumen, perwakilan umat beragama serta para pengurus FKUB kabupaten Kebumen.(fz/bd).