Kepala KUA Ambal  Tekankan Pentingnya Komitmen Bersama  Dalam Mewujudkan Generasi Berkualitas

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Remaja adalah cikal bakal generasi penerus bangsa. Kepedulian serta pendampingan remaja dalam menghadapi fase pubertas memerlukan komitmen bersama, baik pemerintah maupun masyarakat utamanaya keluarga. Demikian dikatakan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ambal, Akhmad Kheroni, S.H.I, saat memberikan materi pada acara Pembentukan Posyandu Remaja, Selasa (12/7/2022) di Balai Desa Singosari, Kec Ambal. Kegiatan sebagai bentuk nyata untuk mewujudkan generasi berkualitas ini dihadiri, Kepala Desa (Kades) Singosari, Remaja umur 10-18 tahun serta kader kesehatan Desa Singosari.

Dalam pemaparan selanjutnya, Kheroni menekankan tiga  aspek penting yang berpengaruh  pada perilaku remaja yaitu peran orang tua, remaja itu sendiri dan lingkungan masyarakat remaja bergaul. Dari ketiga aspek tersebut orang tua memiliki peran yang paling signifikan, sebab sejak kecil telah dilakukakan edukasi dan hadlanah.

“Edukasi, proteksi dan kasih sayang serta hadlanah  memiliki peran sangat penting, ketika orang tua lemah dan remaja merasa tidak nyaman maka lingkungan akan mempengaruhi perilaku remaja tersebut.” ujarnya.

Dalam lanjutannya,  Kepala KUA Ambal kepada remaja yang hadir berharap agar  punya integritas dan komitmen serta patuh terhadap  orang tua. Di samping itu, bisa memilih  lingkungan yang konstruktif dan kondusif.

“Remaja tangguh adalah remaja yang punya integritas serta mampu mengendalikan gejolak, nafsu dan emosinya  serta bisa memanfaatkan kesempatan secara produktif.” ujar Kheroni.

Pada bagiannya pemateri lain dari PKM Ambal 2 Nikita Riski, SKM, menekankan kepada remaja untuk tetap menjaga kesehatan dan hati hati dalam berinteraksi sosial karena bisa berdampak negative pada remaja seperti pergaulan bebas, tawuran, geng motor dan penyebaran penyakit menular. Nikita berharap, adanya posyandu remaja nantinya bisa menjadi upaya preventive dalam  meminimalisir dampak negatif  pergaulan remaja. perlu inovasi inovasinantinya agar para remaja. Di bagian lain Kades Singosari, Widodo, menyatakan mendukung penuh adanya Posyandu Remaja dan akan mendorong agar nantinya bisa berintegrasi dengan Karang Taruna,sehingga remaja akan semakin banyak mendapatkan manfaat dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan.(ar/fz/rf).