Keren, Tercatat  11.599 Medali Diraup Siswa MTsN 1 Pati

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – MTsN 1 Pati panen medali selama satu semester. Tercatat sebanyak 11.599 medali berhasil diraih oleh siswa MTsN 1 Pati per Kamis, (30/6). Raihan tersebut diperoleh sejak Januari hingga Juni 2022 baik di tingkat lokal maupun internasional. Adapun rincian medali yang diperoleh adalah emas 3.218 medali, perak 3.980 medali, perunggu 3.426 medali, dan honourable mention sebanyak 975.

Menurut salah satu siswa peraih Juara 1 IPA Islamic Science Competition, Elsyara Anindya, mengungkapkan jika dirinya telah mengumpulkan 33 medali selama kurang lebih 6 bulan. Selain juara 1 IPA, Elsyara juga juara 1 Matematika Ramadhan Science Olympiad,   Juara 2 Matematika National Children’s Olympiad, dan Juara 3 Matematika Olimpiade Sains Nasional.  “Selama tahun 2022, dari Januari sampai Juni, Alhamdulillah sudah ada 33 medali yang saya dapatkan. Emas ada 11 medali, 16 medali perak, 4 medali perunggu, dan 4 honorable mention,” tutur Elsyara. Ada belasan lomba yang ia ikuti, baik tingkat nasional maupun internasional. Dalam ajang lomba internasional, ia berhasil memperoleh medali perak dalam Singapore Science Olympiad.

Menurut Elsyara, salah satu lomba yang menantang ialah lomba olimpiade tingkat internasional. “Beberapa lomba banyak yang menantang, contohnya lomba tingkat internasional. Saya tidak terlalu mengerti bahasa Inggris jadi harus belajar lebih ekstra dan mempersiapkannya dengan matang,” ungkapnya.

Lebih jauh, Elsyara  menceritakan suka dukanya dalam mengikuti lomba daring. “Sukanya, kita bisa mendapat beberapa pengalaman dan gambaran soal-soal mulai dari yang mudah sampai yang susah. Sekaligus, saya juga bisa mengetahui kemampuan saya dalam bidang tersebut. Dukanya, adalah susah membagi waktu serta menenangkan diri agar tidak mudah putus asa ketika mengalami kegagalan di suatu perlombaan,” tuturnya.

Tak lupa, Elsyara mengucapkan terima kasih kepada guru-guru pembimbing MTsN 1 Pati. “Untuk guru-guru pembimbing, terutama Pak Tommy Andriansyah, terima kasih banyak Pak. Adanya Grup Smart Students Madrasah sangat membantu kami yang ingin meningkatkan kemampuan belajar dan produktif di masa pandemi dengan cara mengikuti lomba-lomba secara online. Semangat yang Bapak dan Ibu berikan, sangat berarti bagi kami,” pungkasnya.

Sementara itu, guru pembimbing, Tommy Andriansyah menjelaskan bahwa capaian prestasi siswa MTsN 1 Pati ini berkat kerja sama seluruh stakeholder yang selalu memberikan support agar tetap istiqomah berada di jalur prestasi. “Semua ini berkat kerja sama seluruh stakeholder MTsN 1 Pati yang selalu men-support untuk tetap istiqomah di jalur prestasi. Untuk seluruh siswa-siswi MTsN 1 Pati terus semangat menjadi pejuang prestasi MTsN 1 Pati tanpa kenal lelah,” ujarnya.

“Dari semua pencapaian prestasi tersebut, tidak lupa kami selalu mengharap rahmat Allah, syafa’at Rasulullah, dan karomah Waliyullah, ”imbuh Tommy. Senada dengan yang disampaikan oleh Tommy, Sa’dun, Plh. Kepala MTsN 1 Pati, mengungkapkan bahwa ribuan prestasi siswa MTsN 1 Pati ini juga merupakan kerja istiqomah dan commitment together yang dilakukan oleh seluruh civitas akademika dan stakeholders madrasah. “Atas Limpahan Rahmat Alloh SWT, kerja istiqomah commitment together seluruh civitas akademika dan stakeholders telah menghantarkan ribuan prestasi peserta didik MTsN 1 Pati menembus dimensi ruang dan waktu,” tandasnya. (TiM/at/Sua)