KKGMI Kecamatan Bantarkawung Brebes Selenggarakan Pelatihan SKJ Pelajar 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKGMI) Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes Selasa-Rabu, (30-31/05/2023) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) Pelajar 2022 untuk keluarga besar Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes.

SKJ Pelajar 2022 merupakan jenis senam baru yang diciptakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga di Jakarta. Pelatihan ini diikuti oleh 36 peserta, tiap Madrasah Ibtidaiyah mengirimkan 3 orang guru. Sebagai Instruktur pada kegiatan ini adalah Bapak Saeful Bahri, S.Pd., Instrusktur Nasional Senam Pelajar 2022 yang berprofesi sebagai Guru PJOK di MAN 2 Brebes, yang juga sebagai pengurus Ikatan Guru Olah Raga Nasional (IGORNAS) Provinsi Jawa Tengah.

Hari pertama Pelatihan yang diselenggarakan di MI Ianatul Athfal Banjarsari Kecamatan Bantarkawung dan hari ke dua di diselenggarakan di MI Miftahul Fatihin Pangebatan Kecamatan Bantarkawung. Kegiatan Pelatihan SKJ Pelajar 2022 ini dibuka secara langsung oleh Pengawas Madrasah Kabupaten Brebes, Ibu Hj. Amanah, M.SI. Kepala MI Se-kecamatan Bantarkawung juga turut hadir dalam acara pembukaan.

Dalam sambutannya Hj. Amanah, M.SI mengimbau, bahwa dalam berolahraga hal yang menjadi tujuan utama adalah sehat, gembira dan bahagia. “Bapak/ibu hadirin sekalian, dalam olahraga tujuan utamanya adalah sehat, gembira dan bahagia. Setelah tiga hal tersebut, baru kemudian diarahkan menjadi sebuah prestasi. Jadi bapak/ibu pada saatnya nanti kalau peserta didik panjenengan sudah merasakan nikmat sehat, gembira dan bahagia, Insya Allah fisiknya, hati, dan fikirannya pun akan sehat. Dengan demikian maka prestasi belajar akan tercapai dengan mudah,” jelasnya.

Selain itu Pengawas Madrasah Kabupaten Brebes ini juga berharap, setelah mendapat pelatihan para peserta dapat menyosialisasikan dan mengimplementasikan di MI masing-masing, menurutnya, kegiatan senam akan berdampak positif pada diri dan lingkungan sekitar.

Nailul Azmi selaku Panitia sekaligus Ketua KKGMI Kecamatan Bantarkawung dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pelatihan ini mempunyai tujuan disamping sosialisasi juga, peningkatan kesegaran jasmani dan juga bertujuan menciptakan iklim yang sehat untuk warga madrasah. “Dengan harapan para guru yang mengikuti latihan segera mensosialisasikan di tingkat madrasah sehingga warga madrasah merasakan manfaat dari SKJ Pelajar 2022 ini melalui kegiatan pembiasan yang terprogram,” ucap Nailul Azmi.

Saeful Bahri mengapresiasi kegiatan tersebut dan menghimbau peserta untuk mengikuti senam dengan penuh semangat dan baik karena kesempatan ini adalah kesempatan yang luar biasa dan di Kabupaten Brebes adalah yang pertama kali diadakan.(Azmi/Sua)