Gandeng IAINU Kebumen, KKM Saka Ayam Jago Gelar Kegiatan Bimtek IKM

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Sadang, Karangsambung, Karanggayam dan Pejagoan (KKMI Saka Ayam Jago) bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAINU Kebumen menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka.

Dilaksanakan selama 2 hari, yaitu hari Selasa-Rabu tanggal 30-31 Mei 2023, Kegiatan ini diikuti oleh 51 peserta, yang terdiri dari 16 orang kepala madrasah, guru kelas 1 sebanyak 18 orang dan guru kelas 4 sebanyak 17 orang di aula Ndalem Rawa Gowok, Pejagoan.

Dalam laporannya, Budi Asyamsyu (Ketua KKM Saka Ayam Jago) menyatakan bahwa tujuan  Bimtek IKM ini adalah untuk menguatkan pemahaman tentang konsep dan implementasi Kurikulum Merdeka, menyiapkan tim di KKM Saka Ayam Jago. Selain itu juga untuk mengoptimalkan komunitas belajar yang menguatkan Implementasi Kurikulum Merdeka, dan merancang program tindak lanjut.

Sementara Kasi Pendidikan Madrasah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Kamid, M.Pd.I dalam sambutannya berpesan, agar kepala madrasah dan guru sebagai ujung tombak pendidikan harus selalu siap dengan perubahan kurikulum yang sedang terjadi. Karena perubahan yang terjadi di masyarakat Indonesia menuntut adanya perubahan dalam pendidikan, termasuk kurikulum merdeka yang akan diberlakukan secara serentak di madrasah pada tahun pelajaran 2023/2024.

Pada kesempatan tersebut, peserta mendapatkan materi dari Nur Hidayah dari LPPM IAINU Kebumen yang juga fasilitator Kurikulum Merdeka Kemdikbud. Peserta mengikuti kegiatan dengan sangat antusias.

Materi yang disampaikan di antaranya Panduan Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah, Penyusunan Modul Pembelajaran dan Penyusunan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin. Disampaikan dengan teori dan praktik, sehingga peserta lebih mudah memahami konsep-konsep yang berkaitan dengan kurikulum meredeka.

Meskipun kegiatan sudah ditutup sore tadi (31/05/2023) peserta masih berharap adanya pendampingan melalui kegiatan KKG. Apalagi sebelum pulang peserta dibekali tugas berupa menyusun Kurikulum Operasional Madrasah, menyusun Modul Pembelajaran dan menyusun Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin sebagai syarat diterbitkannya sertifikat Bimtek.(budi/fz/bd).