KSM 2022: Sarana Gali Potensi dan Peningkatan SDM di Brebes

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) kembali menggelar Kompetisi Sains Madrasah 2022 (KSM 2022). Kegiatan ini dilakukan berjenjang mulai dari KSM Satuan Pendidikan, KSM Kabupaten/Kota, KSM Provinsi, hingga KSM Nasional.

KSM Tahun 2022 tingkat Kabupaten Brebes, yang telah dimulai dari Sabtu, (13/08/2022) untuk tingkat MA/SLTA, Hari Minggu, (14/08/2022) tingkat MTS/SMP dan hingga hari ketiga Senin, (15/08/2022) untuk tingkat MI/SD yang dikonsentrasikan di dua lokasi yaitu di Lab. Komputer MAN 1 Brebes untuk Wilayah Brebes Tengah dan Utara  dan Lab. Komputer MAS Al Hikmah 2 Benda untuk wilayah Brebes Selatan berlangsung dengan Lancar.

Kegiatan di hari ketiga ini di monitoring langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes Drs. H. Fajarin, M.Pd . yang didampingi Kasi Pendidikan Madrasah H. Imam Ghozali, M.Pd.I

KSM Tingkat Kabupaten Brebes Tahun 2022 ini diikuti oleh Kontingen MI/SD sejumlah 511 siswa, MTs/SMP  356 Siswa, dan MA/SMA/SMK 217 Siswa, dengan total peserta 1.087 Siswa se-Kabupaten Brebesg. Terdapat 11 bidang lomba terbagi atas mata pelajaran (mapel) yang antara lain; Tingkat MI terdiri dari Matematika Terintegrasi dan Sains Terintegrasi. Tingkat MTs terdiri dari Matematika, IPA Terpadu, IPS Terpadu. Tingkat MA terdiri dari mata pelajaran Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi.

Drs. H. Fajarin menekankan dengan integritas dan sportivitas  yang dilaksanakan oleh  Peserta, Panitia dan Pengawas dalam berkompetisi ini. Beliau berharap menghasilkan peningkatan prestasi, dibandingkan tahun 2021.

“Jika pada tahun 2021 ada perwakilan dari kabuPaten Brebes yang mendapatkan medali Perak di tingkat Nasional maka tahun ini, saya berharap ada yang memperoleh medali emas atau setidaknya peningkatan perolehan medal peraknya bertambah dari tahun sebelumnya, hal ini sebagai pertanda  bahwa madrasah-madrasah di Brebes dapat meningkatkan prestasi dan keunggulanya”.  ‘ungkapnya disela-sela monev di MAN 1 Brebes ketika di minta harapan dengan pelaksanaan KSM 2022.

H. Imam Ghozali selaku Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes menyampaikan Kegiatan KSM  2022 kali ini mengangkat tema Mandiri Berprestasi, Bangkitkan Negeri, “Walaupun KSM 2022 adalah tiga kalinya dilaksankan secara daring Alhamdulillah berjalan lancer tanpa ada kendala yang berarti,” ujarnya.

“Kita doakan Semoga KSM ini dapat menggali potensi dan kemampuan yang dimiliki  siswa-siswa sekabupaten Brebes  dan sarana mengembangkan bakat/minat di bidang sains sehingga dapat melahirkan inovasi, kreatifitas,  mencintai sains, siswa-siswa yang menguasai Imtaq dan Iptek sebagai bekal dalam persaingan di era Distrupsi dan global.  dimana dunia digital sudah semakin merambah keseluruh sendi-sendi kehidupan manusia baik sebagai pribadi maupun sebagai mahluk bermasyarakat,” tutupnya.(Hid/Sua)