Lomba MAPSI Tingkat SMP, Kepala Kankemenag Kebumen Berikan Piala Bergilir

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan minat siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada jenjang pendidikan dasar, Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, mengadakan Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI), Rabu 12 Oktober 2022.

Dilaksanakan di hotel Candisari Karanganyar, lomba MAPSI dibuka secara resmi oleh Kepala Disdikpora Kabupaten Kebumen yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang SMP Martiyono. Turut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Ibnu Asaddudin, Kasi PAIS H. Mulyono dan Pengawas PAI Eko Sri Gunawan.

“Lomba MAPSI ini sekaligus sebagai sarana / ajang untuk mengukur sejauh mana efektivitas pelaksanaan proses pembelajaran,” Demikian disampaikan Nur Cahyani Kasi Kurikulum Bakat Minat dan Sarpras SMP Disdikpora saat menyampaikan laporan sebelumnya.

Sementara itu, Kepala Kankemenag Kebumen H. Ibnu Asaddudin dalam sambutannya berpesan agar lomba MAPSI ini bisa mendorong kesiapan sekolah menyiapkan siswa dan dan siswi terbaiknya untuk mengikuti lomba MAPSI pada tahun – berikutnya. Harapannya partisipasinya terus meningkat dan Kebumen bisa menjadi yang terbaik di tingkat provinsi maupun nasional. Untuk itu ujarnya, jika pada lomba kali ini ditemukan para juaranya, tugas kita bersama adalah melakukan pembinaan dengan serius agar para juara kabupaten dapat menjadi yang terbaik di tingkat selanjutnya.

“Jika ingin menjadi yang terbaik, sekolah dan kita bersama harus terus melakukan pembinaan,” ujar H. Ibnu.

H. Ibnu melanjutkan, menurutnya, lomba MAPSI ini juga merupakan salah satu bentuk syukur atas upaya pembelajaran yang dilakukan oleh para guru dan siswa. “Jadi MAPSI adalah merupakan wadah untuk memberikan kesempatan seluas – luasnya kepada para guru dan siswa untuk berkarya dan berprestasi. Mensyukuri hasilnya dan berharap akan lebih meningkatkan semangat para siswa untuk lebih berprestasi.” Katanya.

Ditambahkannya, sesunggunya MAPSI ini menurutnya juga merupakan kompetisi antar guru mata pelajaran PAI, tergantung bagaimana mereka bisa mendidik dan melatih peserta didiknya agar bisa berprestasi dan menjadi yang terbaik. Begitu seterusnya secara berjenjang berkesinambungan membutuhkan komitmen untuk bisa menjadi yang terbaik.

“Peserta didik tergantung bagaimana gurunya, gurunya juga tergantung bagaimana Kepala sekolahnya, dan Kepala sekolah juga tergantung bagaimana kualitas Pengawasnya. Begitu seterusnya secara berjenjang saling mendukung dan mempengaruhi,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut H. Ibnu juga berkenan memberikan piala bergilir Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen kepada ketua MGMP PAI Anwarudin untuk diperebutkan oleh sekolah yang siswa/siswinya paling banyak memperoleh juara lomba MAPSI setiap tahunnya.

Sebagai informasi, lomba MAPSI tingkat kabupaten Kebumen jenjang SMP tahun 2022 ini dikuti 516 peserta dari seluruh SMP di kabupaten Kebumen. Mereka akan bersaing menjadi yang terbaik  pada 12 cabang lomba MAPSI yaitu : cabang pidato putra dan putri, tilawah putra dan putri, tartil putra dan putri, tahfidz putra dan putri, kaligrafi putra dan putri serta lomba cerdas cermat Islami  dan rebana.(fz/bd).