Lomba Mata Pelajaran dan Seni Islam (MAPSI)  Brebes Tingkat SMP Tahun 2022.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes-Bupati Brebes Hj Idza Priyanti membuka secara resmi Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Islam dan Seni Islam (MAPSI) SMP ke-25 Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Brebes di SMPN I Larangan, Senin (10/10/22). Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug dan penyematan tanda peserta, juri serta panitia.

Bupati Brebes dalam sambutanya berharap melalui lomba MAPSI akan dapat melahirkan dan memacu peningkatan pemahaman mengenai pelajaran agama Islam sekaligus apresiasi seni Islami yang didasari pembentukan karakter generasi muda, menjadikan sosok yang cerdas, mandiri, kreatif dan kompetitif serta bermanfaat bagi pengembangan bakat anak yang dimiliki.

“Saya yakin,  kegiatan semacam ini dapat menjadi ajang yang tepat untuk mengasah kecerdasan intelektual, spiritual sekaligus bakat kesenian bagi para siswa di kabupaten Brebes,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, melalui lomba MAPSI terlahir generasi muda dapat menyerap nilai-nilai Religius dan Nasionalisme, antara lain makin cinta dan bangga terhadap Negara Indonesia beserta keragaman dan keindahan budayanya. Lomba MAPSI juga dapat menjadi contoh selarasnya kesenian kita dengan agama.

Ketua Panitia  Rosikin melaporkan, MAPSI diikuti 476 siswa dari perwakilan 17 kecamatan sekabupaten Brebes. Mereka tersebar dalam beberapa  jenis cabang yang dilombakan. Yakni,  Lomba Cerdas Cermat Islam (1 regu berisi 3 peserta bisa Putra/Putri/Campur) dan Lomba Tahfiz Al-Quran (Putra dan Putri).  Lomba Pidato/Syarhil  (Putra dan Putri), Lomba Tilawah Al-Qur’an (Putra dan Putri), Lomba Tartil Al-Qur’an (Putra dan Putri), Lomba Kaligrafi (Putra dan Putri).

Hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes  Charidah, Kepala Kementrian Agama Brebes H. Fajarin, Kepala OPD terkait, Muspicam Larangan serta Kepala sekolah dan guru pembimbing.

Dalam kesempatan tersebut H.Fajarin mengharapkan dengan lomba Mapsi kali ini dapat dijadikan sebagai wahana meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran dan pengajaran mapel PAI diseluruh jenjang pendidikan di Kabupaten Brebes, sehingga generasi penerus bangsa dari Brebes memiliki karakter dan berakhlakul karimah (hid/rf).