Madin IT IPHI Kabupaten Karanganyar Santri Tertua Berusia 73 Tahun

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar – Dalam rangka Harlah ke 31 th 2021, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kab. Karanganyar  menggelar kegiatan  Festival santri Madin IT IPHI, Rabu, 24/3/2021 di Aula Gedung IPHI Kab. Karanganyar. Madin IT IPHI terbentuk pada awal Th. 2021 bulan Januari, tujuan awal pendirian Madin IT IPHI yaitu membebaskan buta aksara arab dan memaksimalkan ibadah diusia senja. Madin IT IPHI Kab. Karanganyar memiliki santri berjumlah 76 orang, yang dibagi dalam 4 kelas, yaitu Kelas Al husna fatimah, Tahsin aisyah, Tahfidz Khotijah serta Tahsin Abu Bakar.

Kepala Kementerian Agama Kab. Karanganyar, Wiharso, saat membuka festival menyampaikan Madin IT IPHI adalah Madin pertama untuk lansia di Kab. Karanganyar.

“Alhamdulillah, kami sangat mengapresiasi sekali adanya Madin ini, sangat inspiratif. Semoga bisa diterapkan di daerah lain di Kab. Karanganyar ini. Madin IT ini hadir sebagai solusi dari sekian problematika kehidupan jaman sekarang. Seolah menjadi sebuah gayung yang bersambut, karena saat ini banyak para lansia yang sudah purna tugasnya atau sudah mulai berhenti dengan aktifitas hariannya menyebabkan mereka merasa jenuh dirumah dan menyebabkan imun turun. Dengan adanya Madin IT IPHI ini, mereka menambah ilu serta menyambung silaturahmi dengan saudara baru sehingga waktunya terisi untuk kegiatan yang positif yang dapat mengurangi resiko pikun dan menurunnya imunitas tubuh,“ ujar Wiharso.

Lebih lanjut, Wiharso juga memberikan apresiasi kepada Hj. Sutini Damiri yang mendapat gelar santri tertua di Madin IT IPHI, dengan usia 73 th.

“Saya rasanya malu kepada ibu Hj. Sutini Damiri, beliau yang sudah senja usianya, 73 th, masih semangat untuk belajar. Sedangkan kita yang muda-muda ini merasa enggan dan banyak alasan untuk memperdalam ilmu Agama dan ilmu Al Quran dengan berbagai alasan,” kata Wiharso.

Santri termuda di Madin IT IPHI ini adalah ibu Hesti Kus Margono, dengan usia 47 th. Pembelajaran di Madin IT IPHI ini digelar seminggu 3 kali, yaitu Senin, Rabu, dan Jumat pukul 15.00- 17.00 WIB di Aula Gedung IHI Kab. Karanganyar.

Diharapkan dengan dirintasnya Madin IT IPHI ini menjadi sarana untuk membangkitkan kualitas umat Islam. Sejalan dengan visi IPHI yaitu sebagai organisasi kebajikan yang bertujuan memelihara dan mengupayakan pelestarian haji mabrur, guna meningkatkan partisipasi umat dalam pembangunan bangsa dan negara.(ida/sua)