Mahasiswa IAIN Kudus Magang di MAN 2 Rembang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MAN 2 Rembang – IAIN Kudus menerjunkan mahasiswanya untuk melakukan magang di berbagai madrasah dan sekolah. MAN 2 Rembang menjadi salah satu tempat penerjunan mahasiswa magang dengan satu orang mahasiswa.

Zaimul Hadziq Muna’am, mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Arab yang menjadi mahasiswa magang mengatakan berdasarkan surat permohonan dari fakultas, magang ini dilaksanakan untuk memberikan tambahan informasi kompetensi lulusan sebuah perguruan tinggi.

“Karena kami dari prodi kependidikan, maka magangnya harus di madrasah atau sekolah, walaupun ini bukan mata kuliah PPL atau praktik ngajar,” ujar Hadziq saat dimintai keterangan, Selasa 10 Januari 2023.

Ia menambahkan untuk jangka waktu dari kampus selama 30 hari, namun dapat mengajukan menjadi selama hanya 2 minggu. Para mahasiswa magang diarahkan pada bidang administrasi.

Saat ditanya mengenai alasan memilih MAN 2 Rembang karena ia merupakan alumni madrasah ini lulusan tahun 2020. Hadziq senang karena dapat kembali di madrasah tempatnya menuntut ilmu dulu.

Ia menambahkan arahan dari madrasah, bisa membantu di perpustakaan. Pada jam awal ia membantu administrasi di ruang piket seperti merekap surat ijin siswa. Setelah itu langsung menuju ruang perpustakaan.

Sementara itu, kepala perpustakaan MAN 2 Rembang Mohammad Qomarul Huda menyatakan rasa senangnya dengan hadirnya satu orang mahasiswa magang di perpustakaan. Hadziq saat ini diminta membantu untuk proses administrasi dalam hal sistem otomasi perpustakaan.

“Kita sedang dalam proses menuju sistem otomasi yang nantinya segala transaksi peminjaman dan pengembalian buku dilakukan dengan sistem komputer. Adanya mahasiswa magang bisa membantu kami,” katanya.

Ia menambahkan mahasiswa magang membantu dalam proses input data buku ke dalam sistem aplikasi. Sebelumnya ia telah mengajari bagaimana cara proses inputnya yang tidak begitu rumit.

“Saya dan staf perpustakaan tentunya terbantu dengan kehadirannya. Semoga ada ilmu yang bisa didapatkan selama menjalani magang,”pungkas Huda. — huda/iq/rf