MAN Pemalang Bantu Air Bersih di Pulosari

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang (Humas) – Dalam rangka bakti sosial untuk masyarakat Kabupaten Pemalang yang terdampak kekeringan, MAN Pemalang pada Selasa (17/10/2023) memberi bantuan air bersih di Desa Penakir Kecamatan Pulosari.

Terlibat dalam kegiatan, empat orang perwakilan OSIS yaitu Salma Desi Astri selaku Ketua OSIS, Mazya Nabila Sekretaris OSIS, Destia Azahra Seksi Kegiatan, dan Iffah Nurlaila Seksi Humas. Hadir juga dalam kegiatan, Achmad Baedhowi selaku Waka Kesiswaan, Aris Pratama Pembina OSIS, dan Adi Ermanto Pembina olahraga.

“Kecamatan Pulosari, terutama Desa Penakir merupakan desa yang mengalami kekeringan sehingga kekurangan air saat kemarau seperti ini. Dengan kondisi ini, MAN Pemalang membantu meringankan beban dengan memberi bantuan air bersih,” jelas Achmad Baedhowi, Waka Kesiswaan MAN Pemalang.

Kegiatan yang diinisiasi OSIS ini dimulai dengan mengumpulkan donasi dari seluruh civitas akademik MAN Pemalang. Dari hasil donasi terkumpul, dapat mewujudkan bantuan sebanyak empat tangki air bersih dan disalurkan ke masyarakat yang terdampak melalui PMI Kabupaten Pemalang. Bersama  PMI dan koordinasi dengan perangkat desa, bantuan air bersih ke Desa Penakir Kecamatan Pulosari ini, kemudian disalurkan ke Dusun Sarangan RT 12 RW 05 dan Dusun Sawangan RT 19 RW 07.  Dua tangki lainnya disalurkan ke Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, dan satu tangki berikutnya untuk Desa Gombong Kecamatan Belik.

Warga menuturkan jika Desa Penakir merupakan desa tadah hujan yang hanya bisa memenuhi kebutuhan airnya melalui penampungan dari air hujan. Hal ini disebabkan oleh kondisi tanahnya yang dipenuhi bebatuan sehingga tidak memungkinkan untuk menggali sumur.

Salma Desi Astri selaku Ketua OSIS MAN Pemalang, mengemukakan bahwa masyarakat sangat antusias. Mereka rela menunggu dan mengantri untuk mengambil air tersebut.

“Warga sangat berterimakasih atas bantuan air bersih, dan berharap bantuan air bersih ini bisa dilakukan lagi,” imbuhnya.

“Kegiatan donasi air bersih ini direncanakan menjadi agenda rutin dari OSIS MAN Pemalang untuk membantu meringankan beban warga yang terdampak kekeringan,” papar Aris Pratama Pembina OSIS MAN Pemalang. Terselenggaranya kegiatan ini juga tidak terlepas dari dukungan Ahmad Najid, selaku Kepala MAN Pemalang. (Nurhid/fi/bel)