PP Al-Manaar Muhammadiyah Pemalang Raih Stand Desain Terbaik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang (Humas) – Kepala Kankemenag Kabupaten Pemalang, Roziqun didampingi Kasi PD Pontren, Chanifuddin dan Ketua UPZ Kankemenag, Umayah serahkan piagam penghargaan serta uang pembinaan kepada Pengasuh Ponpes Al-Manaar, Sapto Suhendro, Senin (23/10/2023). Penyerahan ini sebagai apresiasi atas terpilihnya Ponpes Al-Manaar sebagai Stand Desain Terbaik dalam gelaran Expo Kemandirian Pesantren se-Eks Karesidenan Pekalongan.

Mewakili Kepala Kankemenag, Kasi PD Pontren dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada Ponpes Al-Manaar atas prestasi yang diraih pada gelaran expo dalam rangka Hari Santri tahun 2023 di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gus Dur). Chanif mengatakan, ponpes yang mengikuti expo adalah ponpes penerima program inkubasi dari pemerintah.

“Expo diikuti oleh pondok pesantren penerima program inkubasi yakni sebuah program di mana pemerintah memberikan bantuan kepada pondok pesantren yang dipercaya bisa mengembangkan kemandirian pondok pesantren. Setiap tahunnya melalui Kementerian Agama dilakukan seleksi, pondok pesantren mana yang siap dibantu. Kemandirian pesantren sangatlah diharapkan karena pendidikan pertama di Indonesia ada pondok pesantren,” jelas Chanifuddin.

Lebih lanjut Chanif mengatakan perjuangan para santri untuk menegakkan kemerdekaan telah diakui pemerintah dengan adanya Hari Santri. Dia mewanti-wanti kepada pengasuh pesantren dan santri agar mengambil bagian dalam mengisi kemerdekaan.

“Jangan sampai para santri dahulu sudah berjuang merebut kemerdekaan, tapi sekarang saat mengisi kemerdekaan, santri tidak kebagian apa-apa. Di Kabupaten Pemalang sendiri, Perda tahun 2023 tentang pondok pesantren sudah diketok. Sekarang sedang digodok Perbup tentang pondok pesantren, mohon doanya supaya cepat selesai. Semoga Perbup tersebut bisa mewarnai keagamaan di Kabupaten Pemalang,” pungkasnya. (fi/bel)