Tim Eko-Enzim MAN Pemalang Raih Juara 3 LKTI Nasional Tahun 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang (Humas)Tim Eko-Enzim MAN Pemalang berhasil meraih juara 3 pada Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional Tahun 2023, Selasa (10/10/2023). Kepala Madrasah Ahmad Najid menuturkan, perolehan juara ini menambah deretan prestasi MAN Pemalang sesuai harapannya untuk mewujudkan siswa yang unggul, hebat dibidangnya dan berakhlakul karimah.

“Prestasi ini sebagai wujud hasil kerjasama tim dan para siswa yang hebat. Kegiatan ini juga dalam rangka menuju MAN Pemalang berbasis riset dan inovasi. Setiap keikutsertaan pada lomba karya ilmiah dalam rangka menciptakan budaya prestasi, inovasi, dan kreasi,” jelas Ahmad Najid.

Ajang lomba yang diselenggarakan oleh PKPT IPNU – IPPNU UNESA ini mengusung tema “Peran dan Inovasi Generasi Muda dalam Menyongsong kemajuan IPTEK dan Pembangunan berkelanjutan di era Society 5.0”. Maju dengan judul KTI “Sabun Cair Serbaguna dari Ekoenzim Membersihkan Noda dan Ramah Lingkungan” dua peserta MAN Pemalang Mutia Rahma Nuraini kelas XII IPA 4 dan Weni Setiasih kelas XII IPA 1, menjelaskan tentang pemanfaatan ekoenzim dari limbah kulit buah-buahan yang murah, mudah didapat, dan tentunya bermanfaat.

Sri Purwaningsih selaku Ketua Tim Riset bersyukur atas prestasi anak didiknya, Ia berharap MAN Pemalang akan selalu maju, semakin jaya, prestasi para siswa juga semakin meningkat.

“Hasil tidak menghianati proses. Beberapa tahap sudah dilalui, dari babak penyisihan, terus masuk 20 besar, semi final, sampai masuk final 3 besar, sungguh sangat melegakan. Kerja keras sebagai pembimbing dan peserta membuahkan hasil,” jelasnya.

Lomba ini merupakan ajang untuk saling menyampaikan gagasan-gagasan kreatif, inovatif, logis, dan solutif dari generasi muda dalam menjawab problematika kemasyarakatan, sekaligus menyongsong kemajuan IPTEK dan Pembangunan berkelanjutan di era Society 5.0. Subtema meliputi: Sosial Budaya, Pendidikan, Teknologi, Kesehatan, Ekonomi, dan Lingkungan. (nurhid/fi/bel)

Tim Eko-Enzim MAN Pemalang raih juara 3 LKTI Nasional tahun 2023 (nurhid – 10/10/2023)