Mantapkan Kinerja Guru PAI Kakankemenag Bina Guru PAI SMA/SMK

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
* Kakankemenag Kab. Batang H.M. Aqsho tampak memberikan hadiah uang tunai pada para guru PAI SMA/SMK yang hafidz dan hafidhoh

Batang – Untuk melihat secara langsung kinerja dan pelaksanaan kegiatan dari para Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) kususnya di SMA, SMK Negeri dan Swasta, Kemenag melakukan monitoring dan pembinaan. Salah satunya adalah di Aula Multimedia SMA Negeri 01 Subah pada Senin (20/06) yang lalu. Hadir pada acara itu Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang didampingi oleh Kasi PAIS dan Pengawas PAI.

Dalam pembinaannya Kepala Kemenag Kab. Batang H.M. Aqsho menyampaikan pentingnya guru PAI memahami tidak hanya kompetensinya saja namun hal lain seperti moderasi beragama maupun mengetahui kebijakan pemerintah tentang agama di masyarakat.

“ Saya meminta para Guru PAI harus benar-benar mengembangkan kompetensinya karena saat ini peserta didik kita benar-benar telah berubah karena pengaruh teknologi dan informasi digital yang begitu pesat, para guru jangan sampai kalah dengan anak didiknya kususnya penguasaan IT maupun digitalisasi,” kata H.M. Aqsho.

Dia juga mengajak pada para guru PAI agar mereka juga memahami akan konsep moderasi beragama secara komprehensip, sehingga dalam memberikan pembelajaran agama pada peserta didiknya dapat terhindar dari hal-hal yang merusaknya.

*Kakankemenag Kab. Batang H.M. Aqsho didampingi Kasi PAIS Hj. Siti Mahmudah, para Pengawas PAI, Kepala SMA 1 Subah dan para Guru PAI hafidz hafidhoh berpose bersama

“ Saya mengajak para guru PAI agar selalu menggelorakan moderasi beragama agar negara Indonesia tetap damai dan aman dalam menjalankan ibadah menurut keyakinan agama yang di anautnya, paling tidak kita memberikan nilai-nilai toleransi secara benar pada para siswa sehingga mereka nanti akan menjadi manusia yang beragama namun tetap menghormati pada kepercayaan agama lain,” ajaknya.

Pada kesempatan ini dia memberi hadiah uang tunai secara langsung kepada guru hafidh hafidhoh dan memberi motivasi agar selalu semangat mencetak generasi Qur’ani.

Sementara itu Pengawas PAI H. Nafian dalam kesematannya memberikan motivasi bagi semua guru baik yang PNS, sertifiksi maupun yang belum sertifikasi agar selalu aktif dalam mengajar atau up date Siaga Pendis karena regulasi pemerintah berada di aplikasi Siaga Pendis.

“ Saya mengajak pada seluruh guru PAI untuk selalu melakukan update pada aplikasi Siaga Pendis, karena berbagai informasi maupun regulasi pemerintah untuk kita berada disitu,” kata H. Nafian.

Dia juga menegaskan bahwa pendidikan kita akan mengalami kemajuan dan perubahan secara cepat menyesuaikan situasi kondisi Negara kita, untuk itu dia berharap agar para guru PAI untuk selalu mencermati situasi perubahan social di masyarakat karena semua itu pasti berdampak pada pola dan tingkah laku anak, dan ingat bahwa guru PAI termasuk pengawal tingkah laku anak dengan bekah akhlak. (Rosidin/Zy_humas/rf)