Matsama MTsN 1 Brebes, Tanda Dimulainya Kegiatan Belajar Mengajar

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Berdasarkan surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor B-1139.1/DJ.I/Dt.I.I/06/2022 tentang Libur Akhir Semester Pada Madrasah, maka mulai (18/07/2022), Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tahun pelajaran 2022/2023 telah dimulai.

Bersamaan dengan dimulainya KBM, MTsN 1 Brebes juga mengadakan kegiatan Matsama yang akan dilaksanakan selama 3 hari, dimulai pada tanggal 18 – 20/07/2022. Matsama (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) dibuka dengan upacara pengibaran bendera merah putih, kemudian dilanjutkan amanat dari Kepala Madrasah, Drs. Mohammad Suaedi, M.Pd, yang menyambut siswa siswi MTsN 1 Brebes terkhusus siswa-siswi baru tahun pelajaran 2022/2023.

Beliau berharap agar tahun pelajaran ini dilaksanakan dengan antusiasme dan semangat yang tinggi, kegiatan yang belum terlaksanan secara konsisten pada tahun pelajaran sebelumnya, kembali dilaksanakan lebih konsisten dan teratur.

Dengan dikalungkanya kartu tanda peserta Matsama pada perwakilan siswa kelas 7, dan pemukulan gong oleh Kepala Madrasah, maka Matsama tahun pelajaran 2022/2023 secara resmi dilaksanakan.

Drs. Mohammad Suaedi, M.Pd dalam sambutan Pembukaan mengatakan, “Saya mengucapkan selamat datang kepada seluruh siswa baru di MTsN 1 Brebes, pada tahun pelajaran ini telah menjadi siswa kelas 7, saya harap kalian dapat belajar dengan baik di lingkungan yang baru ini, kebiasaan  ketika di SD/MI semua mapel diajarkan oleh 1 guru, tapi di MTs ini setiap mapel memiliki guru yang berbeda. Saya juga mengucapkan selamat kepada kelas 8 dan kelas 9 saat ini, karena kalian telah berhasil naik ke kelas yang lebih tinggi, yang artinya sekarang kelas 9 adalah kakak tertua di MTs Negeri 1 Brebes. Maka kelas 9 saat ini harus memberikan contoh baik bagi adik kelas 7 dan kelas 8,” ucapnya.

Di MTsN 1 Brebes memiliki ambisi terus meningkatkan kualitas, sejak dipimpin  Drs. Mohammad Suaedi, M.Pd, beberapa perubahan telah dilakukan guna meningkatkan kualitas Madrasah.

Hal-hal yang sudah baik pada masa sebelumnya tetap dipertahankan, dan yang kurang baik ditingkatkan menjadi lebih baik, serta meningkatkan minat masyarakat Kabupaten Brebes untuk menjadi siswa-siswi di MTsN 1 Brebes. Dari usaha berbenah, kemudian pada PPDB MTsN 1 Brebes berhasil memperoleh sejumlah 349 siswa baru, hal tersebut sesuai harapan  yaitu adanya  peningkatan jumlah siswa baru dibanding tahun sebelumnya.

Matsama MTsN 1 Brebes pada tahun ini, para siswa diharpakan lebih mengenal lingkungan MTsN 1 Brebes, menjadi akrab dengan siswa-siswi lainya, dan mengenal guru serta pegawai MTsN 1 Brebes. Serta melalui kegiatan Matsama ini, agar  siswa dapat menyerap ilmu tentang keagamaan, kesetaraan, keberagaman, serta menghormati seluruh unsur yang ada di lingkungan MTsN 1 Brebes.(Kurniawan Baehaqi/Hid/Sua)