MTs Negeri 4 Kebumen Masuk Nominasi Sekolah Ramah Anak Di Kebumen

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Sekolah Ramah Anak (SRA) merupakan satuan pendidikan yang berupaya untuk melindungi, dan mendukung hak anak dalam pemenuhan hak-hak anak pada kegiatan belajar mengajar untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Proes mewujudkan Sekolah Ramah Anak di MTs Negeri 4 Kebumen perlu adanya dukungan dan pengawasan dari berbagai pihak, termasuk orang tua dan masyarakat atau lingkungan sekitar.

Kepala MTs Negeri 4 Kebumen, H. Mahmudin, S.Pd.,M.Ag menyampaikan bahwa Madrasah siap berkomitmen untuk menjadi Sekolah Ramah Anak (Sekolah Ramah Anak) atau bisa juga disebut dengan istilah Madrasah Ramah Anak (MRA). Sehingga pada hari Senin (23/05/22) MTs.N 4 Kebumen mengadakan kegiatan sosialisasi Madrasah Ramah Anak yang dihadiri oleh seluruh komponen madrasah baik peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, perwakilan wali murid, serta komite atau masyarakat. Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kabupaten Kebumen, Ibu Marlina Indrianingrum, S.KM.,M.Kes menjadi narasumber utama pada kegiatan sosialisasi ini.

“Ada empat aspek madrasah dikatakan ramah anak, yaitu mendidik seperti anak sendiri, menyayangi setulus hati, memberi solusi bukan mencaci, dan menumbuhkembangkan potensi anak secara adil, merata dan maksimal,” ujar Mahmudin saat memberikan sambutan.

“Aspek tersebut bisa disingkat dengan istilah ‘4M’, yaitu M1-MeSiAS, M2-MeSti, M3-MemBuMi, M-4 MenPorA,” lanjutannya.

Lebih lanjut Mahmudin berpesan agar program Sekolah Ramah Anak ini dapat memberikan layanan kepada peserta didik dengan baik  untuk mewujudkan Madrasah yang ramah anak, bukan sekedar perlombaan. Harapannya seluruh peserta didik merasa nyaman, betah dan dapat mengaktualisasikan dirinya dengan baik di Madrasah.

“Layanan ramah anak ini adalah jiwa, bukan sekedar perlombaan,” tandasnya.

Kegiatan sosialisasi ini dilanjutkan dengan deklarasi Madrasah Ramah Anak yang disaksikan dan ditandatangani oleh ibu Marlina Indrianingrum, S.KM.,M.Kes. Tindak lanjut dari kegiatan ini, MTs Negeri 4 Kebumen mengikuti verifikasi administrasi ‘Evaluasi Sekolah Ramah Anak (SRA)’ pada bulan Juni 2022 dan masuk dalam nominasi 6 (enam) terbaik se-Kabupaten Kebumen Jawa Tengah.

Untuk diketahui, Senin (18/07/22) dilakukan verifikasi lapangan ‘Evaluasi Sekolah Ramah Anak (SRA) dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak oleh dua verifikator, yaitu Mukhsinul Mubarok, S.Pd.,M.Si dari instansi/Lembaga Dinas Sosial P3A dan Siti Hasanah,S.Pd dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen. Hasil verifikasi lapangan ternyata jauh lebih baik dari data yang sudah masuk, sehingga MTs Negeri 4 Kebumen layak menjadi salah satu Sekolah Ramah Anak di Kabupaten Kebumen. (az/fz/bd).