MTs Nurussalam Tersono Terima Tim Survey PISA

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
* Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang H.M. Aqsho bersama Kasi Pendidikan Madrasah H.Munif, Pengawas Madrasah Purwoto dan Kepala MTs Nurussalam H.Mushonif setelah melihat survey perpose bersama

Batang – Untuk memberi motivasi dan support pada MTs Nurussalam Tersono saat menerima tim Programme for International Student Assessment (PISA), Kakankemenag didampingi Kasi Pendidikan Madrasah menyempatkan hadir di madrasah itu pada Rabu (18/05) yang lalu yang diterima dengan hangat oleh Kepala MTs Nurussalam, para guru dan tim PISA dari Jakarta dan

Kasi Pendidikan Madrasah H. Munif dalam keteranganya menyampaikan bahwa Programme for International Student Assessment (PISA) yang diinisiasi oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) ini adalah suatu studi untuk mengevaluasi sistem pendidikan yang diikuti oleh lebih dari 70 negara di seluruh dunia setiap 3 tahun, murid-murid berusia 15 tahun dari sekolah-sekolah yang dipilih secara acak, menempuh tes dalam mata pelajaran utama yaitu membaca, matematika dan sains.

“ Tes ini bersifat diagnostik yang digunakan untuk memberikan informasi yang berguna untuk perbaikan sistem pendidikan, MTs Nurussalam Tersono termasuk salah satu sekolah/Madrasah yang terpilih untuk mengikuti Survey PISA Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah saat ini,” jelas H. Munif.

Dia juga menegaskan terpilihnya MTs Nurussalam untuk mengikuti survey PISA ini tidak atas usulan dari Kankemenag tetapi terpilih melalui aplikasi Emis pada madrasah.

* Tampak para siswa MTs Nurussalam Tersono sedang mengerjakan survey dengan menjawab pertanyaan bidang membaca, matematika dan sains.

“ Karena ini secara acak, maka MTs yang disurvey ini bukan merupakan usulan dari Kankemenag akan tetapi memang secara acak itu madrasah ini diikutkan survey secara internasional ini,” teganya.

Sementara itu Kepala MTs Nurussalam H. Mushonif dalam keterangannya mengatakan pada awalnya dirinya merasa keberatan, akan tetapi setelah tahu prosedur dan manfaatnya  kami beserta seluruh guru memberikan dukungan penuh terhadap survey ini, yg secara langsung ikut mewarnai prestasi pendidikan di Indonesia

“ Awalnya kami keberatan madrasah akan dilakukan survey pendidikan tingkat dunia itu karena memang tidak tahu manfaat dan konsekwensi kedepannya, namun setelah diberi penjelasan secara lengkap, sehingga kami mendukung penuh atas survey yang dilakukan ini,” kata H. Mushonif.

Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang H.M. Aqsho dalam penjelasannya menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi pada MTs Nurussalam yang telah bersedia dilakukan survey ini. Menurutnya dengan adanya kegiatan ini tentu mutu dan model pembelajaran kita sedang dijajaki sehingga akan ditemukan solusi terbaik bagi pendidikan kita kedepan.

“ Saya menyampaikan terimakasih pada Kepala MTs Nurussalam beserta para guru yang telah bersedia menerima tim survey dari Jakarta dan dari Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, semoga hasilnya akan baik dan hasil dari survey ini dapat memperbaiki pendidikan kita kedepan,” tegasnya. (Zy_humas/rf)