Musta’in Ahmad : Berjuanglah untuk Raih Cita-Cita

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta — Sebanyak 387 Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Surakarta mengikuti Akhirussanah Tahun Pelajaran 2022/2023, Rabu (17/5/2023), di Gedung Muzdalifah Asrama Haji Donohudan Boyolali. Acara ini terasa sangat istimewa, karena dihadiri langsung oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah yang juga alumni MAN 1 Surakarta, Musta’in Ahmad. Hadir pula dalam kesempatan ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta, Hidayat Maskur beserta jajarannya, Kepala-kepala Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah negeri dan swasta di Kota Surakarta, perwakilan Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Komite Madrasah, Pengawas, Guru dan Pegawai, serta segenap orang tua wali siswa.

Kepala MAN 1 Surakarta, Slamet Budiyono, menyampaikan terimakasih atas kehadiran dan kepercayaan para orang tua wali siswa yang telah menyekolahkan anaknya di MAN 1 Surakarta. Atas dukungan semuanya, madrasah ini meraih banyak prestasi dan memberi banyak manfaat. “Alhamdulillah, siswa yang diterima di perguruan tinggi sebanyak 243 orang, dengan rincian 84 siswa diterima melalui jalur SNBP dan 169 melalui jalur SPAN PTKIN. Saat ini masih ada siswa yang berproses dalam seleksi UTBK dan beberapa jalur seleksi yang lain,” papar Slamet Budiyono. MAN 1 Surakarta, lanjut Slamet Budiyono, berhasil mempertahankan peringkat pertama siswa yang paling banyak diterima perguruan tinggi di Jawa Tengah lewat jalur SNBP.

Sementara itu, Musta’in Ahmad memberikan motivasi para siswa, guru, pegawai, dan orang tua wali siswa. Musta’in menyampaikan bahwa kehadirannya adalah wujud cinta kepada almamater. Karena di MAN 1 Surakarta dia menuntut ilmu, berjuang untuk meraih mimpi agar menjadi pribadi yang lebih berguna dan bermanfaat.
“Saya sampaikan pada seluruh siswa, kita jangan takut lahir sebagai orang miskin, tapi takutlah kita mati dalam keadaan miskin. Karena kemiskinan akan menuju pada kekufuran,” kata Musta’in. Oleh karenanya, Musta’in meminta semua alumni untuk berjuang agar meraih mimpi-mimpinya.

Pada kesempatan yang sama juga diluncurkan “SIRAJA” yaitu Sistem Informasi Rekam Jejak Alumni MAN 1 Surakarta. Sistem ini bertujuan untuk menyediakan data semua alumni MAN 1 Surakarta yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Diantara nama-nama alumni MAN 1 Surakarta adalah Musta’in Ahmad, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Habiburrahman El Shirazy (Kang Abik) Novelis “Ayat – ayat Cinta”, Burhanuddin Muhtadi Pengamat Politik dan Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia dan Lembaga Survei Indonesia (LSI/bd)