Musyawarah Pemilihan Ketua Ambalan Pangeran Samber Nyawa – Nyi Ageng Karang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar – Sabtu, 3 September 2022 Pramuka MAN 1 Karanganyar, menggelar musyawarah Ambalan(Musyam), Musyam dimulai tepat pukul 08.00 WIB dibuka oleh Ibu Kamad Lanjar Utami , forum atau pertemuan Pramuka Penegak warga ambalan sebagai permusyawaratan untuk menampung aspirasi Pramuka Penegak warga ambalan ditingkat gugus depan. 

Lanjar menyampaikan bahwa Musyam merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan dalam memberikan dan menanamkan nilai kebersamaan, rasa memiliki, kedisiplinan dan permusyawaratan suatu ambalan.

“Musyawarah merupakan suatu forum tertinggi dalam menetapkan suatu kebijakan dan keputusan oleh suatu Ambalan. Musyam yang digelar satu kali dalam setahun tersebut bertujuan untuk mengevaluasi kinerja Dewan Kerja Ambalan tahun 2021 yang terdiri dari Pradana Putra(ketua Ambalan putra), Pradana Putri(ketua Ambalan putri), Pemangku Adat, Kirani (sekretaris), dan Juru Uang (bendahara). Selain itu, musyawarah juga dimaksudkan untuk memilih Pradana periode tahun 2022,” jelas Lanjar.  

“Musyawarah ambalan ini sendiri memiliki prosesi yang cukup panjang meliputi beberapa debat terbuka yang masing-masing sesi ini memiliki tujuan yang berbeda untuk mengukur kedalaman pengetahuan dan kesiapan calon ketua maupun calon pengisi jabatan didalam organisasi. Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan notulensi dan sidang perumusan untuk penentuan pembagian kandidat,” lanjutnya.

Lanjar sebagai pembina juga menyampaikan beberapa poin diantaranya Musyam ini bertujuan memaksimalkan wahana pembelajaran berorganisasi, menyiapkan anggota untuk berdarma di masyarakat, seperti motonya, Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan, mendorong keputusan-keputusan, dan program kerja yang dapat memajukan Ambalan Man 1 Karanganyar, minimal di tingkat Kwarda Jawa tengah, serta berharap mendapatkan pimpinan yang dapat membawa Ambalan MAN 1 jaya dengan perolehan-perolehan prestasinya.

Dilaksanakan di gedung multimedia MAN 1 Karanganyar dengan jumlah 61 peserta kegiatan yang terselenggara dari pukul 13.30 hingga 16.00 berjalan baik dan lancar. Pesan Lanjar pada penutupan sesi acara, ”jadilah pemimpin yang amanah yang penuh impian prestasi,” ujarnya.(ida/sua)