Nobar Literasi Digital MIN 1 Kebumen

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen_ Manusia bertalenta digital sangat dibutuhkan seiring semakin massifnya penggunaan gawai digital di masyarakat. MIN 1 Kebumen secara temporer berusaha meningkatkan kemampuan digital anak melalui berbagai usaha, salah satunya mengajak peserta didik nobar Webinar Literasi Digital yang diadakan Kominfo dan Nyalanesia, Senin (26/9).

Acara yang bertema Tips dan Trik Microblogging di Medsos ini diselenggarakan melalui aplikasi Zoom dan diikuti Ribuan siswa se-Kabupaten Kebumen. MIN 1 Kebumen sendiri mengikutkan 239 siswa, 9 orang wali kelas dan 7 orang guru Tim Literasi.

Kepala madrasah, Hj. Widyastuti, M.Pd., menyambut baik nobar ini. “Kecakapan membuat konten di media sosial harus dikembangkan seiring semakin derasnya sharing informasi di dunia maya”. Menurutnya, generasi sekarang harus diberi keterampilan membuat konten yang positif dan berkualitas.

Raihan, salah satu peserta didik kelas 5A mengaku sering menonton maupun membuat konten di Instagram, tik-tok maupun Facebook miliknya. Seusai nobar ia jadi paham bahwa membuat konten yang baik ada caranya. “Buat konten dengan satu tema saja misalnya konten pendidikan, game atau musik, gunakan kata-kata yang singkat namun mudah dipahami, selain itu kontennya harus positif”, terangnya.

Fedora El Nara dari kelas 5B mengungkapkan bahwa acara cukup menarik karena menjelaskan cara membuat konten yang baik untuk menghibur orang.

Senada dengan itu, Aqila Ayudiani kelas 5B menyampaikan nobar ini bermanfaat memberikan cara membuat konten video yang dapat bermanfaat untuk orang lain.

“Ibuku di rumah suka membuat konten resep makanan dan sudah punya subscriber 1000an, aku juga kadang diajak membuat konten” ujar Aqila.

Nobar diakhiri dengan mengacungkan dua jari jempol bersama-sama sebagai bentuk kampanye literasi digital dengan tagar #jempolwaras. (Dwi/fz/bd).