Pelatihan Jurnalistik Bersama PWI dan News Anchor di MAN 1 Kebumen

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen- Organisasi ekstrakurikuler Jurnalistik Suara Madrasah (JSM) mengisi akhir tahun pembelajaran dengan mengadakan workshop. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan ekstrakurikuler Jurnalistik dengan mengusung materi-materi yang berbeda setiap tahunnya.  Pada kesempatan kali ini kegiatan berlangsung dari jam delapan pagi sampai jam empat sore yang diikuti oleh segenap anggota ekstrakulikuler, Minggu (11/06/23).

Hadir sebagai narasumber, Ondo Supriyanto (ketua PWI Kebumen) dan Dwi Rina Puspitasari (Prokopim Kab. Kebumen) yang akrab dikenal dengan panggilan Rina Sihotang dalam News Anchore Ratih TV Kebumen.

Ondo Supriyanto dalam penyampaian materi menjelaskan banyak hal berkaitan dengan pengalaman diri terkait dunia kepenulisan. Ia juga memberikan motivasi kepada para peserta workshop. Materi yang dipaparkan merupakan hal kekinian yang bisa diterapkan dI era digital seperti sekarang.

“Kalian adalah pemilik era digital masa kini, karena kalian lahir di era digital dan sebagian besar pengguna internet saat ini adalah generasi milenial dan generasi Z. kalianlah yang menjadi tumpuan pemegang kendali dunia digital, mau di bawa ke arah positif atau sebaliknya.”ujarnya.

Beberapa trik dan tips kepenulisan disampaikan oleh wartawan Suara Merdeka ini dan diakhiri dengan latihan menulis deskriptif dan naratif.

Sementara Rina Sihotang salah satu praktisi public speaking yang sudah tidak asing lagi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kebumen menyampaikan trik dan tips dalam membawakan acara di hadapan audiens.  Ia memaparkan dengan gamblang, mulai dari cara mengatasi rasa cemas saat di panggung, sikap tubuh saat menjadi pembawa acara, cara menguasai panggung dan cara menambah kepercayaan diri.

“Inti dari Publik Speaking adalah latihan, lahir dari bakat dan lingkungan yang mendukung, jika kedua komponen dari bakat tidak ada maka kuncinya cuma latihan, latihan dan latihan. Dengan pembiasaan yang terus diasah maka keterampilan dalam publik speaking akan baik dengan sendirinya.”  Katanya.(lan/bd)