Siswa Kelas Tahfidz MTsN 3 Rembang Ziarah Mbah Mutamakin, Pati

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Kelas Tahfidz MTsN 3 Rembang bersama guru pembimbing melakukan ziarah ke makam Mbah Mutamakkin Pati pada Ahad ( 11/6/2023).

Para siswa kelas tahfidz yang berjumlah 30 siswa selama ini disibukkan dengan hafalan Al-quran, pada hari ini bersama sejumlah guru pembimbing melaksanakan ziarah ke Pati tepatnya di makam Mbah Mutamakin dan Mbah Roggo Pati.

Abi salah satu siswa tahfidz mengaku senang dengan ziarah ini, karena baru pertama kali berziarah ke makam yang sudah dikenal orang banyak dan mempunyai karomah. “Senang sekali rasanya mengikuti ziarah ini, apalagi ke makam mbah Mutamaqqin yang sudah pernah saya dengar akan tetapi baru kali ini saya datang untuk berziarah,” katanya.

Ahmad Zubaidi selaku guru pembimbing kelas tahfidz menyampaikan, siswa harus diberikan refreshing agar pikiran bisa lebih fresh yang nantinya akan berpengaruh dalam proses menghafal Al-qur’an.

“Madrasah memang mempunyai program yang terjadwal terkait kelas tahfidz. Para santri atau siswa kelas tahfidz secara terprogram akan melaksanakan ziarah ke makam dari wali Allah maupun tokoh besar Islam, dengan harapan santri akan lebih fresh pikirannya dan nantinya kan berpengaruh pada proses hapalan Al Qur’an selanjutnya,” tandasnya.

Pada ziarah ini, para siswa tahfidz menggunakan tiga armada yang semuanya adalah armada MTs N 3 Rembang yang setiap hari dipakai untuk antar jemput para siswa, karena pelaksanaan ziarah pada Minggu maka armada tidak ada kegiatan.

Chairur Rohmad selaku Wakil Kepala Bidang Kesiswaan yang kebetulan saat itu ikut mendampingi anak anak tahfidz juga merasa bahagia mampu mengantar dan mendampingi orang orang terpilih yang nantinya diharap mampu menghapal kalam kalam Allah.

“Senang dan bangga saya rasakan karena bisa mendapingi anak anak terpilih yang nantinya diharapkan mampu menghapalkan kalam Allah,” katanya.

Selain ziarah di makam Mbah Mutamakin, anak anak tahfidz juga diajak untuk berziarah ke makam Mbah Ronggo Pati yang hanya berjarak kurang lebih satu kilo meter dari makam mbah Mutamakin.

burhan/iq/rf