Pelatihan PKB, Kakankemenag Kebumen Berharap Dapat Meningkatkan Kemampuan Leadership Kepala Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Mutu atau kualitas madrasah sangat ditentukan oleh kemampuan leadership yang dimiliki oleh kepala madrasahnya, karena dialah pimpinan tertinggi di madrasah itu, dan dialah yang bisa mengambil keputusan dalam segala hal.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Ibnu Asaddudin saat memberikan sambutan pada pembukaan Pelatihan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi kepala  madrasah dilingkungannya, Kamis, (17/11) di Mexolie Hotel Kebumen.

Pelatihan yang diselenggarakan atas kerjasama Kementerian Agama dengan Bank Dunia ini diikuti oleh kurang lebih 60 peserta ini dibagi menjadi 5 kelompok kerja dan direncanakan akan berlangsung hingga 29 November 2022 mendatang.

Dalam kesempatan tersebut,  H. Ibnu juga meminta seluruh Kepala Madrasah di lingkungannya  terus berupaya meningkatkan kemamuan leadershipnya agar semakin berkembang dan memiliki ide kreaif yakni kemampuan untuk mentransformasikan ide dan imajinasi serta keinginan-keinginan besar menjadi kenyataan. Termasuk juga meminta untuk mengikuti pelatihan PKB ini dengan penuh semangat dan serius.

“Ada banyak model kepemimpinan yang bisa kita terapkan, tetapi pilihlah yang paling luwes dan yang paling bisa diterapkan di madrasah saudara. Wujudkan tiga komitmen kita bersama yaitu komitmen kebersamaan, berprestasi dan menjadi yang terbaik,” pesannya.

Melalui pelatihan ini dia berharap semoga mapu meningkatkan kemampuan leadership seluruh Kepala Madrasah di lingkungannya. Terutama kemampuan menyusun rencana strategis pengembangan madrasah menuju madrasah mandiri berprestasi, termasuk juga meningkatkan kemampuan pelaksanaan supervisi di Madrasah.(fz/bd).